Widget Atas Posting

Universitas Seni Terbaik di Dunia

Tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina. Pepatah ini sangat berguna bagi dunia Pendidikan. Jadi bagi Anda yang memiliki cita-cita untuk bisa kuliah ke luar negeri, inilah saat yang tepat.

Banyak kelebihan bila memilih kampus di luar negeri, salah satunya dari segi keluasan jaringan dan kesempatan yang lebih besar untuk berkarier. Dalam bidang kesenian pun ilmu yang sudah dimiliki perlu untuk terus dikembangkan dengan memilih melanjutkan ke tingkat universitas seni terbaik di dunia.

Berikut ini daftar universitas seni terbaik di dunia yang bisa Anda jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi ke luar negeri.

 


Universitas Seni Terbaik di Dunia Versi QS Worlds Ranking for University

Sumber Gambar : www.independent.co.uk


1.       Royal College of Art, Inggris

Nomor satu dalam bidang seni & desain, adalah Royal College of Art (RCA) Inggris, yang terletak di daerah Kensington Selatan, Battersea London. RCA menawarkan 29 program pascasarjana di banyak disiplin seni dan desain, dibagi menjadi empat disiplin ilmu, yaitu arsitektur, seni, komunikasi, dan desain.

Menariknya untuk bisa sekolah di sini, Anda berpeluang untuk mendapatkan beasiswa juga. Dalam hal pendanaan, siswa dalam negeri dan Uni Eropa dapat mengajukan pinjaman pascasarjana dari pemerintah Inggris, dan RCA menawarkan beasiswa pra-masuknya sendiri, yang diberikan berdasarkan kekuatan aplikasi dan portofoliomu, kebutuhan keuanganmu, dan bakat yang kamu rasakan dan janji akademik. Selain itu, ada juga beasiswa bagi Anda mahasiswa postgraduate yang ingin mengadakan penelitian.

 

2.       University of The Arts London, Inggris

Ranking kedua universitas seni terbaik di dunia versi QS Worlds Ranking for University untuk Anda yang berjiwa seni adalah University of The Arts London (UAL) yang terletak di Inggris. UAL juga terdiri dari 6 sekolah khusus di bidang seni dan desain. Mulai dari Sekolah Tinggi Camberwell, Central Saints Martins (ini yang paling terkenal di antara 6 jenis sekolah khusus di UAL), Chelsea College of Arts, London College of Communication, London College of Fashion, dan Wimbledon College of Arts. Alumni terkenal dari enam perguruan tinggi terkenal UAL termasuk pelukis dan pembuat cetak Howard Hodgkin, ilustrator Quentin Blake, perancang busana Stella McCartney, dan pelukis Lucian Freud.

 

3.       Parsons The New School for Design, Amerika

Parsons The New School for Design, yang terletak di daerah Greenwich Village di New York City - sebuah area yang dikenal dengan kancah seni yang berkembang dan suasana bohemia. Parsons School of Design juga tergabung dengan asosiasi internasional NASAD (National Association of School of Art and Design) dan juga AICAD (Association of Idenpendent Colleges of Art and Design).

Parsons dikenal karena para alumni terkemuka, setelah mendidik banyak perancang busana terkemuka, fotografer, desainer, ilustrator dan seniman. Ada activist dan director dokumenter film asal London Finn Harries sampai model papan atas Bella Hadid.

 

4.       Rhode Island School of Design, Amerika

Selanjutnya, ada Sekolah Desain Rhode Island (RISD), yang terletak di ibu kota negara bagian Providence. Sekolah satu ini termasuk ke dalam Ivy League atau sejenis pengelompokkan universitas swasta unggulan (secara akademik dan non-akademik) di Amerika Serikat. RISD menawarkan berbagai program seni dan desain di bidang studi seperti arsitektur, keramik, film / animasi / video, desain grafis, ilustrasi, fotografi, lukisan, seni grafis dan lainnya.

Rhode Island School of Design juga menghasilkan berbagai alumni terkenal di bidang seni dan desain. Salah satunya ialah Francesca Woodman, seorang fotografer asal New York yang memiliki berbagai karya terkenal di bidang fotografi sampai Bryan Konietzko yakni co-creator animasi Avatar The Last Air Bender.

 

5.       Massachusetts Institute of Technology (MIT), Amerika

Peringkat kelima untuk seni tahun ini, Massachusetts Institute of Technology (MIT) menganggap seni sebagai aspek fundamental dari kurikulum inti dan komunitas riset, dengan 50 persen dari mahasiswa MIT mendaftar ke program seni per tahun.

 

6.       Politecno di Milani, Italia

Politecnico di Milano adalah universitas teknik terbesar di Italia dan terbaik di dunia dengan menempati ranking keenam dunia tahun ini untuk seni & desain. Biaya kuliah untuk program magistrale laurea (setara dengan Master of Science) berkisar dari € 883-3,886 per tahun untuk mahasiswa Uni Eropa, dengan siswa non-Uni Eropa yang membayar € 3.886 per tahun.

 

7.       Aalto University, Finlandia

Aalto University, yang terletak di ibu kota Finlandia, Helsinki, merupakan sekolah seni terbaik dunia. Didirikan pada tahun 2010 dari penggabungan tiga lembaga, termasuk Universitas Seni dan Desain Helsinki.

 

8.       School of The Art Institute of Chicago, Amerika

Sekolah Institut Seni Chicago (SAIC) adalah salah satu sekolah seni dan desain independen terbesar di negara Amerika Serikat. SAIC memiliki kurikulum interdisipliner, yang berarti bahwa siswa didorong untuk bereksperimen secara luas di seluruh disiplin seni sebelum memutuskan media terbaik untuk ide-ide mereka. Pendidikan di SAIC sangat dapat disesuaikan, mendorong siswa untuk menjadi kreatif dalam menggabungkan berbagai jenis seni.

Studi di luar kampus juga diwajibkan di SAIC. Mahasiswa dapat memenuhi persyaratan ini melalui program magang, perjalanan studi, atau pengalaman belajar di luar negeri. Metode pembelajaran ini memberikan jembatan ke dunia seni di luar perguruan tinggi dan membantu siswa mempersiapkan karir di bidang seni.

 

9.       The Glasgow School of Art, Inggris

Glasgow School of Art adalah satu-satunya sekolah seni publik yang memiliki pemerintahan sendiri di Skotlandia. Ini dibagi menjadi dua kampus: Sekolah Seni Rupa dan Sekolah Desain. GSA adalah kepala penelitian dalam disiplin kreatif, dengan pusat penelitian termasuk Studio Desain Digital, Institut Inovasi Desain, Institut Penelitian Arsitektur Lingkungan Mackintosh, dan Laboratorium Perkotaan Glasgow.

Glasgow School of Art juga memiliki program pertukaran siswa dan staf yang ekstensif dengan sekitar 75 sekolah Seni, Desain, dan Arsitektur terkemuka di dunia. Banyak alumni telah memenangkan Turner Prize, penghargaan paling bergengsi di kancah seni Inggris yang diberikan kepada satu seniman di bawah 50 setiap tahun.

 

10.   Pratt Institute, Amerika

Pratt Institute adalah lembaga swasta yang berlokasi di daerah Brooklyn, New York City, AS. Kampus ini didirikan tahun 1887 sehingga merupakan sekolah seni paling tua di dunia.

Program seni dan desainnya menawarkan kurikulum terintegrasi yang menggabungkan pemikiran studio dengan teori pembelajaran dan penelitian terkini di lapangan. Program paling terkenal sekaligus unggulan dari Pratt Institute adalah sekolah khusus arsitektur dan desain interior. Kampus ini dibagi menjadi 6 sekolah khusus dengan 28 departemen dan 25 jurusan khusus untuk pendidikan pasca-sarjana.

 

Universitas Seni Terbaik di Dunia (Eropa dan Asia)

11.   Stanford University, Amerika

Peringkat 10 untuk seni dan desain, Universitas Stanford di AS memiliki salah satu nilai tertinggi untuk reputasi pengajar di antara sekolah-sekolah seni terkemuka ini. Stanford University juga merupakan Universitas terbaik kedua di Dunia dan mempunyai banyak lulusan yang mampu bersaing.

 

12.   California Institute of The Arts

CalArts adalah sekolah seni yang diakui secara internasional yang mendorong siswa untuk melampaui batas media tradisional. Kampus ini memiliki fokus yang kuat pada perhatian individual untuk setiap siswa. Siswa juga diberikan kebebasan berkreasi dan kemandirian tingkat tinggi dalam studi mereka — janji artistik adalah kriteria nomor satu untuk diterima.

CalArts juga berpartisipasi dalam Community Arts Partnership, yang memberikan siswa kesempatan untuk mengajar seni kepada kaum muda di Los Angeles sambil mendapatkan pengalaman dan penghasilan. Institut menyediakan sumber daya seperti magang dan program bimbingan bagi siswa untuk membantu mereka menerjemahkan keterampilan artistik mereka ke dalam karier setelah lulus kuliah.

 

13.   Central Academy of Fine Arts, China

Sekolah seni terbaik di dunia yang terakhir ialah Central Academy of Fine Arts yang terletak di Beijing, China. Akademi seni ini termasuk ke dalam 10 besar sekolah seni terbaik yang ada di dunia sekaligus satu-satunya yang berasal dari Asia.

Yap, sekolah ini memiliki program terbaik di bidang seni drama dan film yang menjadi unggulan di China. Ada banyak aktris asal China yang menjadi alumni dari sekolah satu ini, khususnya mereka yang berasal dari kelas teater dan drama film.

 

Propek Kerja Lulusan Universitas Seni Terbaik di Dunia

Kemungkinan karir untuk jurusan seni relatif terbuka lebar. Karir dalam seni visual biasanya membutuhkan latar belakang yang kuat dalam pendidikan seni, pelatihan di tempat kerja dan pengalaman. Gelar seni dapat juga berguna di berbagai bidang yang berbeda.

Meskipun gelar seni relatif fleksibel, persaingan ketat dapat diharapkan untuk berbagai pekerjaan. Banyak orang berbakat tertarik pada seni visual, jadi Anda harus giat dalam mencari pekerjaan. Peluang kerja yang mungkin bisa Anda pilih adalah :

·         Desainer grafis

·         Kurator dan pekerja museum

·         Seniman dan animator multimedia

·         Craft and Fine Artists

·         Illustrator

·         Photographer

·         Printmaker

Selain profesi ini, masih ada banyak profesi lainnya yang bisa Anda pilih dengan gelar seni dari universitas. Atau Anda juga dapat melanjutkan pendidikan pascasarjana dalam gelar ini. Banyak siswa yang memilih melanjutkan pendidikan master untuk memperdalam bidang seni dan tentunya mendapatkan prospek kerja yang lebih baik.

 

Demikian informasi mana saja universitas seni terbaik di dunia yang bisa menjadi pilihan Anda untuk melanjutkan kuliah. Terkait pembiayaan Anda bisa cek website masing-masing universitas atau Lembaga penyedia beasiswa, seperti LPDP.

Posting Komentar untuk "Universitas Seni Terbaik di Dunia"