Widget Atas Posting

Universitas yang Ada Jurusan Analis Kesehatan

Memiliki pekerjaan di bidang medis sangat banyak manfaatnya, tetapi tidak lantas membuat profesi lainnya tidak bermanfaat. Simak daftar universitas yang ada jurusan analis Kesehatan berikut ini yang bisa Anda jadikan referensi.

Bekerja di bidang medis pun tidak selalu menjadi dokter atau perawat, ada banyak pekerjaan lain yang tidak kalah penting, salah satunya sebagai analis Kesehatan atau yang sering disebut bagian rekam medis.

Lulusan dari jurusan ini diharapkan dapat melakukan pemeriksaan, penetapan, pengukuran, serta pengujian terhadap bahan (cairan dan jaringan tubuh) yang berasal dari manusia maupun bukan, dengan tujuan untuk menentukan jenis dan penyebab penyakit. Selain itu, untuk melihat kondisi kesehatan atau faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan masyarakat. Pemeriksaan dilakukan dengan menggunakan sarana laboratorium kesehatan yang tersedia.

Misalnya di laboratorium patologi klinik, fungsinya untuk memeriksa sampel berupa cairan yang berasal dari tubuh manusia, meliputi feses, urin, darah, sputum, cairan otak, dan lain-lain, supaya mendapatkan hasil atau data sebagai diagnosa terhadap suatu penyakit. Tak hanya itu saja, nantinya kamu juga akan mempelajari terkait pemeriksaan mikrobiologi, hematologi, parasitologi, imunologi, kimia klinik, dan masih banyak lagi.

Masing-masing profesi sudah memiliki tugas dan tanggung jawabnya sendiri. Dan keseluruhan profesi tersebut di bidang medis fungsinya untuk saling melengkapi. Dokter tanpa perawat juga pasti akan kerepotan. Perawat tanpa dokter tidak akan bisa melakukan diagnosa dengan tepat. Dokter tanpa analis Kesehatan juga tidak bisa maksimal karena dokter harus melakukan pemeriksaan sendiri di laboratorium dimana itu sangat repot.


Berikut ini adalah daftar mana saja universitas yang memiliki jurusan analis Kesehatan dan penjelasan singkat mengenai jurusan tersebut.

Namun sebelumnya, sebagai informasi bahwa sesuai data di BAN PT tidak ada universitas yang menyediakan jurusan analis Kesehatan untuk jenjang S1, yang ada hanyalah untuk D3 dan D4.

 

Universitas yang Ada Jurusan Analis Kesehatan D3 dan D4

1.       Universitas Gadjah Mada

2.       Universitas Airlangga

3.       Universitas Hasanuddin

4.       Universitas Brawijaya

5.       Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang

6.       Politeknik Kesehatan Kemenkes Bandung

7.       Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang

8.       Poltekkes Kemenkes Yogyakarta

9.       Universitas Aisyiyah, Yogyakarta

10.   Universitas Efarina, Pematang Siantar

11.   Universitas Kader Bangsa, Palembang

12.   Universitas Katolik Musi Charitas, Palembang

13.   Universitas Maarif Hasyim Latif, Sidoarjo

14.   Universitas Megarezky, Makassar

15.   Universitas Mohammad Husni Thamrin, Jakarta

16.   Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

17.   Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta

18.   Universitas Muhammadiyah Semarang

19.   Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

20.   Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara

21.   Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

22.   Universitas Sari Mutiara Indonesia, Medan

23.   Universitas Setia Budi, Surakarta

 

Kenapa Memilih Universitas yang Ada Jurusan Analis Kesehatan ?

Pertanyaan ini merupakan salah satu alasan terbesar yang bisa Anda pertimbangkan untuk lebih memantapkan pilihan pada jurusan Analis Kesehatan dan berkarier di bidangnya.

1.     Dunia kesehatan tidak hanya seputar kedokteran atau keperawatan saja. Masih banyak pilihan program studi di bidang kesehatan yang bisa Anda pilih. Jika Anda senang mengamati dan berorientasi pada detail, Jurusan Analis Kesehatan cocok untuk Anda.

2.     Jurusan ini sebenarnya memiliki peluang kerja yang cukup luas. Anda tidak hanya terbatas akan bekerja di laboratorium medis saja, melainkan juga bisa bekerja di bidang industri makanan dan obat-obatan.

3.  Tenaga ahli analis kesehatan termasuk profesi yang banyak dicari dan dibutuhkan. Selain bekerja di rumah sakit, Anda juga berpeluang bekerja di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), perusahaan makanan dan minuman, serta instansi pemerintah lainnya di bidang kesehatan. Jangan khawatir akan kesulitan mencari pekerjaan setelah lulus kuliah.

4.  Selain dapat bekerja di instansi, Anda pun berkesempatan untuk mendirikan usaha sendiri dengan membuka laboratorium diagnostik sendiri untuk membantu masyarakat mendiagnosa penyakit mereka.

5.    Bagi Anda yang semasa sekolahnya sangat suka dengan pelajaran Biologi, jurusan ini akan sangat cocok dengan minatmu. Ilmu yang akan dipelajari di jurusan ini akan dengan mudah Anda pahami sebab di SMA sudah pernah diajarkan dasar-dasarnya dalam pelajaran Biologi, di antaranya ilmu tentang bakteri, virus, sel, molekul, dan sebagainya.

 

Dunia Perkuliahan Universitas yang Ada Jurusan Analis Kesehatan

Kuliah di Jurusan Analis Kesehatan menuntut kesungguhan karena jadwal kuliah di jurusan ini terbilang sangat padat. Selain pertemuan reguler di kelas, Anda juga wajib mengikuti praktikum yang jadwalnya hampir setiap hari, bahkan sangat mungkin Anda juga harus merelakan waktu weekend untuk menjalani kegiatan praktikum.

Jika semasa SMA Anda berminat pada mata pelajaran Biologi, Kimia, dan Matematika, maka Anda akan merasakan manfaatnya ketika kuliah di jurusan ini. Karena, hampir semua mata kuliahnya merupakan pengembangan dan aplikasi mata pelajaran tersebut di bidang kesehatan.

Di jurusan ini, selain teori, tentunya Anda akan banyak bertemu dengan tugas praktik. Tugas-tugas yang Anda dapatkan lebih terfokus pada pendalaman keahlian seperti contohnya pengambilan sampel darah.

Mata kuliah yang dipelajari di Jurusan Analis Kesehatan antara lain Pengantar Laboratorium Medik, Fisiologi, Patofisiologi, Instrumentasi, Bakteriologi, Flebotomi, Biologi Sel Molekuler, Urinalisa dan Cairan Tubuh. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan mata kuliah Promosi Kesehatan, Sitohistoteknologi, Bisnis dan Kewirausahaan Lab, Toksikologi Klinik, Kesehatan Pariwisata, hingga Virologi. Materi lain seperti Analisis Makanan dan Minuman serta Imunohematologi dan Bank Darah juga akan dipelajari untuk menjadi seorang analis kesehatan yang baik.

 

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Analis Kesehatan

Prospek kerja lulusan Analis Kesehatan cukup luas. Selain dapat bekerja di bidang kesehatan, Anda juga bisa bekerja di bidang food and beverage (F & B) atau makanan dan minuman, hingga berwirausaha.

Setelah lulus kuliah, salah satu pekerjaan yang bisa Anda geluti yakni teknisi rekam medis. Tugasnya adalah membuat, meninjau, dan melindungi keamanan rekam medis pasien rumah sakit. Anda pun bisa bekerja di laboratorium rumah sakit, yang bertugas membantu dokter menganalisis penyakit yang diderita pasien melalui sampel atau spesimen.

Selain itu, lulusan jurusan ini juga bisa bekerja di perusahaan makanan dan minuman khususnya bidang quality control dan product development. Tugasnya adalah melakukan penelitian terhadap kandungan dalam makanan dan minuman, yang mana hasilnya adalah untuk memastikan bahwa makanan dan minuman tersebut memang layak dikonsumsi masyarakat.

Lalu, jika ingin berwirausaha juga sangat memungkinkan, karena saat kuliah Anda juga mendapatkan ilmu tentang bisnis dan kewirausahaan. Anda bisa membuka laboratorium diagnostic center sendiri yang bekerja sama dengan rumah sakit maupun klinik.

Lulusan Jurusan Analis Kesehatan juga bisa bekerja di bidang pendidikan, salah satunya menjadi dosen di sekolah tinggi kesehatan atau jurusan-jurusan yang berhubungan dengan kesehatan. Namun, untuk menjadi dosen Anda perlu menempuh pendidikan hingga S2. Selain mengajar, Anda juga bisa melakukan penelitian di bidang kesehatan.

Banyak hal yang bisa Anda lakukan setelah lulus dari jurusan tersebut. Namun jika Anda masih bingung dengan apa perbedaan analis Kesehatan dengan rekam medis, Anda bisa membaca artikel tentang jurusan Rekam Medis di sini.

Demikian informasi mengenai universitas yang ada jurusan analis Kesehatan di Indonesia yang bisa Anda coba. Untuk akreditasi kampus dan jurusan bisa langsung Anda cek di website resmi PDDikti.

Posting Komentar untuk "Universitas yang Ada Jurusan Analis Kesehatan"