Widget Atas Posting

Jurusan Kuliah dengan Biaya Termurah

Tingginya biaya kuliah seringkali menjadi dilemma bagi sebagian orang untuk memutuskan melanjutkan studi setelah lulus SMA. Namun jangan khawatir, Anda tetap bisa memilih jurusan kuliah dengan biaya termurah tanpa mengabaikan apa yang Anda ingin pelajari di jenjang perguruan tinggi.

Ada yang bilang bahwa kuliah di perguruan tinggi negeri itu lebih murah daripada perguruan tinggi swasta. Pendapat tersebut tidak sepenuhnya salah tetapi tidak juga sepenuhnya benar. Karena pada kenyataannya ada juga biaya kuliah yang cukup tinggi di perguruan tinggi negeri, seperti di UI dan UGM. Biaya yang tinggi tersebut biasanya terkait dengan komponen biaya operasional atau yang dikenal dengan biaya gedung.

Di bawah ini merupakan informasi jurusan kuliah dengan estimasi biaya termurah dilihat dari biaya per semester. Anda bisa mencari informasi lebih detail lagi tentang apa saja yang menjadi komponen biaya kuliah tersebut di website masing-masing universitas. Karena kebijakan mengenai biaya kuliah sangat bergantung pada masing-masing kampus.

 


Jurusan Kuliah dengan Biaya Termurah di Bidang Saintek

1.       Jurusan Teknik Pengairan

Jurusan teknik pengairan menghasilkan ahli di bidang pengairan. Jurusan ini termasuk langka karena hanya terdapat di dua kampus, yakni Universitas Brawijaya Malang dan Institut Teknologi Bandung.

Ilmu yang dipelajari pada jurusan ini diterapkan misalnya untuk perencanaan sistem jaringan irigasi dan perencanaan pembangkit tenaga listrik. Jurusan Teknik Pengairan Universitas Brawijaya menetapkan uang kuliah mulai dari Rp500.000 hingga Rp7.000.000.

2.       Jurusan Teknologi Bioproses

Jurusan teknologi bioproses adalah jurusan yang mempelajari pemanfaatan mikroorganisme (biomassa) untuk proses dalam skala industri yang menghasilkan keuntungan. Mata kuliah yang diberikan di jurusan ini juga ada yang terkait dengan ilmu kimia, karena jurusan ini pada dasarnya menggabungkan ilmu bioteknologi dan teknik kimia. Universitas Indonesia memiliki jurusan teknologi bioproses dengan biaya antara Rp500.000-Rp7.500.000 per semester.

3.       Jurusan Ekonomi Pertanian/Agribisnis

Jurusan agribisnis atau dikenal juga dengan jurusan sosial ekonomi pertanian menghasilkan lulusan yang mampu mengkaji dan mengembangkan sumber daya alam sehingga dapat menghasilkan produk yang bernilai ekonomi dan bermanfaat bagi manusia. Universitas Gadjah Mada memiliki jurusan ini dengan nama Ekonomi Pertanian dan Agribisnis. Biaya kuliah per semester mulai dari Rp500.000.

4.       Jurusan Akuakultur

Jurusan akuakultur atau budidaya perairan mempelajari segala sesuatu terkait budidaya ikan, baik di air tawar maupun di air laut. Memang mirip dengan budidaya perikanana, tetapi jurusan ini lingkupnya lebih kompleks karena mempelajari pula mengenai kelestarian lingkungan. Univeritas Jenderal Soedirman adalah salah satu perguruan tinggi yang memiliki jurusan ini, dengan uang kuliah mulai dari Rp500.000.

5.       Jurusan Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan

Mahasiswa pada jurusan teknologi pengolahan hasil perikanan akan mempelajari mengenai pengolahan ikan dalam level industri, termasuk pula aspek yang terkait pembangunan dan pengembangan industri perikanan. Universitas Brawijaya dan Universitas Gadjah Mada adalah kampus yang memiliki jurusan ini. Setiap semester, uang kuliah jurusan ini di Unibraw dan UGM mulai dari Rp500.000.

 

Jurusan Kuliah dengan Biaya Termurah di Bidang Soshum

1.       Jurusan Ilmu Sejarah

Jurusan ilmu sejarah mempelajari segala aspek yang terkait dengan sejarah, misalnya dalam bidang sosial, politik, budaya, hingga militer. Penyuka sejarah akan sangat cocok berkuliah di jurusan ini. Universitas Negeri Semarang adalah salah satu kampus yang memiliki jurusan ilmu sejarah. Uang kuliahnya mulai dari Rp500.000.

2.       Jurusan Ilmu Perpustakaan

Ilmu tentang mengelola perpustakaan, mulai dari pengarsipan, penyimpanan buku dan dokumen, hingga mengelola informasi agar buku/dokumen mudah ditemukan, akan dipelajari di jurusan ilmu perpustakaan.

Ada beberapa perguruan tinggi yang memiliki jurusan ini, seperti Universitas Indonesia, Universitas Diponegoro, dan Universitas Brawijaya. Uang kuliah Jurusan Ilmu Perpustakaan Universitas Diponegoro mulai dari Rp500.000.

3.       Jurusan Pendidikan Olahraga

Karena terkait dengan olahraga, jurusan pendidikan olahraga banyak diminati oleh calon mahasiswa penyuka olahraga. Jurusan ini akan mengulas pendidikan keolahragaan, mulai dari aturan dan fungsi olahraga, strategi, hingga teknik pengajaran. Jurusan ini bisa ditemui di beberapa perguruan tinggi, salah satunya di Universitas Pendidikan Indonesia, dengan biaya per semester mulai dari Rp500.000.

4.       Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia

Jurusan bahasa juga bisa menjadi pilihan jika kamu ingin mencari program dengan beban biaya yang lebih murah. Pilihan jurusan di bidang ini pun sangat beragam. Kamu bisa memilih jurusan seperti bahasa Indonesia.

5.       Jurusan Bahasa dan Sastra Asing

Jurusan bahasa menjadi jurusan yang memiliki biaya kuliah paling murah berikutnya. Untuk kamu yang minat mengambil program studi dengan biaya yang murah jurusan ini sangatlah cocok. Selain itu, pilihan jurusan di bidang ini pun beragam. Terdapat pilihan jurusan seperti bahasa Indonesia, bahasa Inggris, bahasa China, bahasa Jerman, bahasa Korea, bahasa Jepang, dan lain sebagainya. Besaran biaya antara Rp 600 ribu - Rp 5 juta per semester.

6.       Jurusan Ilmu Pemerintahan

Jurusan kuliah dengan biaya termurah di bidang soshum salah satunya juga dari Jurusan Ilmu Pemerintahan. Jurusan ini merupakan bagian dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Di UGM jurusan ini masih terbilang terjangkau biaya kuliahnya, buktinya saya pun lebih memilih jurusan ini dibandingkan dengan Jurusan Hubungan Internasional yangmana BOPnya lebih besar di awal semester.

7.       Jurusan Administrasi Publik & Bisnis

Bagi Anda yang menyukai dunia sosial politik, kedua jurusan tersebut bisa dipilih sebagai alternatif lain dari Jurusan Administrasi Negara. Mungkin saat ini nama jurusan sudah berbeda dengan beberapa tahun lalu, tetapi secara garis besar ilmu yang dipelajari masih sama.

8.       Jurusan Sosiologi

Jurusan selanjutnya yang termurah dari FISIPOL adalah Jurusan Sosiologi. Bagi Anda yang saat SMA mengambil IPS pasti tidak asing dengan jurusan ini.

9.       Jurusan Filsafat

Jurusan Filsafat merupakan bagian dari bidang soshum, meski berdiri dengan fakultas sendiri. Jurusan ini termasuk jurusan kuliah dengan biaya yang terjangkau. Meski begitu jangan remehkan jurusan ini, karena para lulusannya yang pintar-pintar. Dian Sastrowardoyo pun merupakan lulusan dari Jurusan Filsafat. Keren kan!

10.   Jurusan Antropologi

Jurusan selanjutnya yang masih terbilang relative murah adalah jurusan Antropologi. Anda bisa cari tahu sendiri di internet apa perbedaan jurusan ini dengan Ilmu Sejarah dan Sosiologi, karena sama-sama mempelajari masa lampau.

 

Pilihan jurusan kuliah dengan biaya termurah memang lebih banyak dari bidang soshum (sosial humaniora). Karena kebanyakan di bidang saintek, seperti Fakultas Teknik dan Kedokteran membutuhkan banyak praktek yang itu biayanya tidak sedikit. Di bidang soshum sendiri juga banyak praktek, tetapi objek penelitiannya masih berupa sumber bacaan dan manusia yang bisa dipelajari melalui metode wawancara dan banyak membaca literatur di perpustakaan.

Bagi Anda yang memilih kuliah di jurusan yang terjangkau atau relative murah tidak berarti jurusan itu tidak bagus. Karena banyak juga para lulusannya yang berkualitas dan mampu bersaing dengan jurusan lain saat sedang mencari pekerjaan.

Apalagi saat ini banyak lowongan pekerjaan yang memberikan kualifikasi Pendidikan dari berbagai jurusan. Artinya kesempatan untuk mendapatkan karier di pekerjaan sangat terbuka lebar, tidak ditentukan dari apa background Pendidikan yang dimiliki. Bagi saya sendiri berdasarkan pengalaman bekerja selama ini, kualitas diri kita tidak ditentukan dari apa jurusan dan kampus kita tetapi bagaimana kita bisa memberikan kontribusi bagi perusahaan dengan ilmu yang dimiliki. Kampus merupakan sarana belajar, bukan hanya belajar materi kuliah tetapi juga bagaimana proses belajar diri dan bersosialisasi dengan dunia luar.

Posting Komentar untuk "Jurusan Kuliah dengan Biaya Termurah"