Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

20 Jurusan Kuliah yang Banyak Peluang Kerja

Dulu mungkin hanya jurusan tertentu yang memiliki peluang kerja banyak, tapi saat ini sudah mulai banyak juga perusahaan yang memberikan kualifikasi Pendidikan dari semua jurusan. Jadi Anda pun tidak perlu khawatir kelak dengan latar belakang Pendidikan dari jurusan Anda akan kesulitan mendapatkan pekerjaan.

Selain itu, perusahaan-perusahaan pun sudah mulai memberikan kesempatan pada para fresh graduate. Namun jika Anda ingin mengetahui apa saja jurusan kuliah yang banyak peluang kerja, baik di kantor maupun di lapangan, bacalah artikel ini sampai selesai.

 


Jurusan Kuliah yang Banyak Peluang Kerja Dari Saintek

  1. Matematika

Lulusan matematika bukan berarti berakhir menjadi pengajar atau ilmuwan saja. Seseorang dengan lulusan matematika umumnya akan dibutuhkan untuk menangani masalah bisnis perusahaan, termasuk analisis risiko, dampak finansial, audit, dan statistik.

  1. Statistika

Jurusan Statistika para lulusannya juga cukup banyak dibutuhkan di dunia kerja. Tidak selalu berhubungan dengan hitungan angka, tetapi juga termasuk menganalisa data kuantitatif.

  1. Kedokteran

Pandemi COVID-19 telah membuktikan bahwa bidang kedokteran menjadi salah satu yang terpenting untuk kehidupan di masa depan.

Dikutip dari Prospects, selain menjadi dokter dengan beragam opsi spesialisasi, lulusan kedokteran juga memiliki peluang menjadi ahli epidemiologi hingga ilmuwan klinis dan genomik.

  1. Farmasi

Setelah lulus dari jurusan farmasi, Anda tak hanya bisa menjadi apoteker mandiri atau di rumah sakit, namun juga sebagai rekan peneliti klinis, ilmuwan pengembangan produk dan proses di perusahaan, petugas urusan regulasi, ilmuwan ilmu hayati, dan ahli toksikologi.

  1. Keperawatan

Selain dokter, profesi perawat juga akan terus dibutuhkan di dunia kerja masa depan. Terlebih dengan gaya hidup orang yang mulai meningkat kesadarannya soal kesehatan, maka rumah sakit akan membutuhkan banyak perawat.

Setelah lulus, bidang keperawatan tidak hanya terbatas melayani di klinik atau rumah sakit saja. Ke depan akan banyak perawat yang diperlukan untuk perawatan pencegahan penyakit kronis misalnya diabetes dan obesitas.

  1. Teknik Industri

Salah satu jurusan teknik yang akan selalu dibutuhkan dunia kerja hingga masa depan adalah jurusan teknik industri. Lulusan ini kerap dibutuhkan perusahaan untuk berbagai posisi, mulai dari analis sistem, operations engineer, risk advisor, analis program, analis bisnis, analis kontrol proses, industrial engineer, dan pengawas manufaktur.

  1. Arsitektur

Industri di bidang konstruksi dan rancang bangun akan tetap berlanjut dan berkembang di masa mendatang. Orang-orang pun semakin menyadari pentingnya nilai keindahan, fungsi, dan kekuatan suatu bangunan. Arsitek adalah jurusan yang peluang kerjanya banyak dibutuhkan di masa mendatang.

  1. Teknik Mesin

Jika saat ini Anda sedang memikirkan apa jurusan kuliah yang bagus untuk masa depan, teknik harus masuk di dalam daftar rencana studi Anda. Fakultas Teknik yang terfavorit adalah Teknik Mesin. Berbagai lini kehidupan kita saat ini sudah sangat tergantung pada mesin, termasuk robot. Yang penting, jangan berhenti belajar bahkan setelah lulus kuliah.

  1. Teknik Informatika

Ilmu komputer dan teknologi informasi akan semakin berkembang. Tak diragukan lagi, Teknik Informatika menjadi jurusan yang paling banyak peluang kerjanya. Web developer, computer programmer, dan software developer adalah beberapa profesi yang banyak digeluti alumni jurusan ini.

  1. Ilmu Gizi

Bukan hanya mempelajari tentang gizi dan kesehatan, mahasiswa jurusan ini pun belajar tentang bagaimana memberikan jasa konsultasi gizi. Seiring dengan semakin banyaknya orang yang menyadari pentingnya kesehatan, jasa ahli diet dan nutrisi pun semakin dibutuhkan. Tak berlebihan bila kita menyebut ini jurusan kuliah yang banyak peluang kerja.

 

Jurusan Kuliah yang Banyak Peluang Kerja Dari Soshum

  1. Akuntansi

Manajer keuangan, auditor, maupun akuntan akan tetap dibutuhkan di berbagai bidang bisnis. Jika menginginkan jurusan kuliah yang bagus untuk masa depan, Akuntansi wajib banget masuk pertimbangan. Selain diminati oleh anak IPS, jurusan ini pun ternyata banyak peminat dari kelas IPA juga.

Tidak bisa dipungkiri, lulusan jurusan akuntansi dan keuangan merupakan seseorang yang akan terus dicari. Karena pada dasarnya setiap perusahaan selalu membutuhkan seorang akuntan.

Dikutip dari Top Universities, peluang karier lulusan ini pun cukup terbuka, di antaranya bisa menjadi auditor internal, akuntan publik, analis keuangan, hingga manajer perpajakan.

  1. Manajemen dan Bisnis

Sejak dulu hingga sekarang, dunia bisnis terus berkembang. Dengan keterampilan yang mumpuni, lulusan manajemen dan bisnis akan terus dicari di berbagai sektor industri.

Seperti kecakapan analisis data dan bisnis misalnya, menjadi lulusan jurusan ini kerap dibutuhkan berbagai perusahaan dan firma konsultan.

  1. Ekonomi

Ibu Menkeu kita sekarang adalah alumni jurusan ini. Butuh bukti apa lagi untuk meyakinkanmu bahwa Ilmu Ekonomi adalah jurusan kuliah yang menjanjikan? Yeah, your life will be different, of course. Tapi jadi perencana keuangan yang kekinian juga nggak kalah kece. Atau, kuliah lagi dan menjadi dosen.

  1. Hukum

Berbagai peluang karier terkait hukum selalu terbuka. Sebut saja karier sebagai panitera junior, paralegal, penata arsip hukum, pengacara magang, pemeriksa litigasi, koordinator mediasi, hingga konsultan hukum.

  1. Psikologi

Jurusan Psikologi juga merupakan salah satu jurusan yang banyak dibutuhkan. Alumni jurusan ini dibutuhkan hampir semua perusahaan. Selain menjadi bagian dari divisi HRD, seorang psikolog juga bisa menjadi terapis atau konselor yang bekerja secara mandiri.

  1. Bahasa dan Sastra Inggris

Sastra Inggris termasuk jurusan kuliah yang banyak peluang kerja. Mahasiswa Sastra Inggris biasanya sudah mulai bekerja sebagai penerjemah sejak masih kuliah. Saking akrabnya anak Sastra Inggris dengan berbagai literatur, rata-rata mereka jago menulis, termasuk konten. Ada pula Sarjana Sastra yang menjadi dosen setelah melanjutkan kuliah S2.

  1. Ilmu Komunikasi

Industri kreatif sedang gencar-gencarnya berkembang. Memang ada penyesuaian bisnis kreatif disebabkan oleh pandemi, tetapi bidang ini tetap membutuhkan alumni Ilmu Komunikasi yang jago desain, fotografi, membuat iklan, public speaking, bahkan menulis. Pilih jurusan kuliah yang cepat dapat kerja ini di FISIPOL.

  1. Bahasa dan Sastra Indonesia

Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia juga cukup banyak peluang kariernya. Mungkin ada sebagian yang menganggap kuliah di jurusan ini mudah tetapi faktanya banyak yang tidak kita ketahui mengenai bahasa Indonesia. Jadi sebagai warga negara Indonesia, tidak ada ruginya mempelajari secara lebih detail lagi mengenai bahasa ibu ini. Setelah lulus akan cukup banyak pekerjaan yang menanti Anda, seperti menjadi penerjemah, tour guide, dan dosen jika Anda berencana melanjutkan S2.

  1. Pendidikan

Jurusan Pendidikan melahirkan para lulusan yang berprofesi sebagai guru. Oleh karena itu, jurusan apa saja di bidang Pendidikan akan banyak dicari. Selain prospek pekerjaan yang bagus, inilah kesempatan Anda untuk beramal jariyah dengan memberikan ilmu kepada para siswa.

  1. Administrasi Bisnis

Jurusan Administrasi Bisnis atau Administrasi Negara termasuk dalam Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Tidak banyak kampus yang menyediakan jurusan ini sehingga lebih banyak peluang untuk mendapatkan pekerjaan. Anda bisa bekerja di pemerintahan atau swasta, bisa bekerja di kantor atau pun di lapangan.

Daftar Jurusan Kuliah yang Banyak Peluang Kerja 

Demikian informasi mengenai jurusan kuliah yang banyak peluang kerja. Seperti yang saya singgung di awal bahwa saat ini sebenarnya sudah banyak perusahaan yang membuka lowongan dengan persyaratan dari semua jurusan. Oleh karena itu, apapun jurusan yang Anda pilih menjadi kesempatan untuk belajar maksimal dan berproses, baik secara akademik maupun non akademik.

Posting Komentar untuk "20 Jurusan Kuliah yang Banyak Peluang Kerja"