Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Jurusan Kuliah yang Bisa Kerja Di Kantor

Bagi Anda yang lebih menyukai bekerja di kantor daripada di luar ruangan, lebih baik kenali dulu apa saja jurusan kuliah yang bisa kerja di kantor mulai sekarang. Karena peluang kerja salah satunya juga dipengaruhi dari latar belakang Pendidikan kita.

Berikut ini saya bagikan informasi jurusan apa saja yang berpotensi untuk bekerja di dalam kantor, baik dari bidang saintek maupun soshum.

 


Jurusan Kuliah yang Bisa Kerja Di Kantor Dari Saintek

1.       Jurusan Ilmu Komputer

Pernah terpikir bahwa yang kuliah di jurusan ini bisa menjadi hacker? Jangan salah sangka dulu, ternyata ini pun jurusan kuliah yang bisa bekerja di kantor dan banyak dicari perusahaan. Hal ini dikarenakan hal yang dipelajari dalam jurusan ini ada yang berkaitan dengan perawatan perangkat lunak. Pembelajaran tersebut dibutuhkan oleh setiap kantor yang sudah mulai menggunakan komputer sebagai basis data.

Di jaman sekarang, rasanya sudah 80% perusahaan menggunakan komputer. Sehingga lulusa jurusan ini pasti akan dicari oleh perusahaan. Selain berfungsi untuk perawatan perangkat lunak, jurusan ini juga mempelajari pengolahan informasi. Pengolahan informasi ini sudah berbasis komputer, jadi sangat sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

2.       Jurusan Teknik Informatika

Seolah sesuai dengan perkembangan jaman yang memasuki dunia digital, mengambil program studi Teknik Informatika akan memberikan masa depan yang menjanjikan untukmu.

Peluang kerja di bidang teknik informatika saat ini masih sangat luas karena banyak perusahaan membutuhkan seorang ahli di bidang ini. Lulusan teknik informatika akan dibutuhkan untuk mengumpulka beragam jenis informasi dan data seperti data-data untuk memahami trend dan perilaku konsumen.

3.       Jurusan Sistem Informasi

Tergolong berusia muda, sistem informasi juga merupakan jurusan kuliah yang bisa bekerja di kantor. Hal ini dikarenakan beberapa kampus baru memiliki jurusan ini sekitar tahun 2005. Sesuatu yang dipelajari dalam jurusan ini salah satunya adalah tentang sifat pengguna. Pembelajaran inilah yang dibutuhkan oleh suatu perusahaan.

Lulusan sistem informasi biasanya dibekali dengan manajemen resource untuk mengelola sumber informasi dalam bentuk IT. Suatu perusahaan biasanya menempatkan lulusan ini sebagai jembatan dari orang teknis ke satu bagian tertentu. Lulusan ini nantinya harus mengetahui software atau alat apa yang cocok dipasang di divisi perusahaan tersebut.

4.       Jurusan Desain Grafis

Memasuki era milenial sudah banyak perusahaan yang mengembangkan bisnisnya melalui online. Hal inilah yang menyebabkan lulusan dari jurusan ini sekarang mendapat perhatian dari perusahaan. Dalam desain grafis hal yang dipelajari berupa desain yang cocok untuk menjadi identitas suatu perusahaan.

Lulusan desain grafis ini bisa masuk ke dalam divisi marketing suatu perusahaan sebagai pembuat logo. Selain sebagai pembuat logo, desain gravis juga mampu menjadi media promosi melalui sebuah web. Seperti pembuatan iklan yang menarik, spanduk, dan lainnya yang dipasarkan melalui komputer.

5.       Jurusan Statistika

Di Indonesia ternyata tidak hanya STIS yang menyediakan jurusan statistika, tapi masih banyak kampus lain. Ilmu ini mempelajari tentang menganalisa data, serta pengolahan data untuk menjadi sebuah informasi. Biasanya ilmu ini erat kaitannya dengan matematika jadi masih tidak jauh dari hitung menghitung.

Bagi yang menyukai pengolahan data tidak ada salahnya untuk masuk ke jurusan ini, karena lapangan pekerjaannya sangat banyak. Banyak yang mencari lulusan jurusan kuliah yang bisa bekerja di kantor satu ini. Sebuah perusahaan membutuhkan bagian analisis, yang biasanya berfungsi untuk menganalisis pasar, angka penjualan, dan lain-lain. Divisi inilah yang sangat tepat diisi oleh lulusan statistika.

6.       Jurusan Matematika

Memilih jurusan Matematika juga berpeluang untuk lebih banyak bekerja di dalam kantor. Jika Anda hobi menghitung dan berpikir menggunakan logika angka, jurusan ini sangat cocok. Di dunia kerja pun jurusan ini banyak dibutuhkan untuk analisis data berupa angka-angka yang sesuai minat Anda.

 

 

Jurusan Kuliah yang Bisa Kerja Di Kantor Dari Soshum

1.       Jurusan Ekonomi

Setiap kantor baik itu kantor pemerintahan maupun non pemerintahan pasti akan berhubungan dengan dunia ekonomi. Di Program Studi Ilmu Ekonomi kamu akan mempelajari ilmu-ilmu yang berhubungan dengan dunia bisnis seperti ekonomi SDM, ekonomi embangunan, ekonomi industri, dan ilmu ekonomi lainnya.

Dunia Ilmu Ekonomi memang sangat luas, dan pasti akan selalu dibutuhkan di dunia perkantoran. Jadi kalau kamu ingin bekerja di kantor, kamu bisa mengambil program studi ini.

2.       Jurusan Manajemen

Masih satu fakultas dengan jurusan ilmu ekonomi, kali ada jurusan manajemen. Sebuah jurusan yang paling diminati setiap tahunnya oleh para calon mahasiswa baru. Hal yang paling dipelajari dalam jurusan ini adalah bagaimana mengelola atau mengatur sumber daya yang tersedia. Hal ini berguna untuk mencapai tujuan yang diinginkan dengan efektif serta tepat sasaran.

Manajemen sendiri memiliki empat tahap-tahap pembelajaraan diantaranya, perencanaan, pengalokasian, pelaksanaan, dan pengevaluasian. Keempat hal tersebut sangat tepat bila diterapkan di perusahaan/kantor. Jurusan manajemen memiliki empat konsentrasi yang wajib dipelajari seperti, manajemen keuangan, pemasaran, operasional, dan sumber daya manusia.

3.       Jurusan Akuntansi

Masih berhubungan dengan dunia ekonomi lagi, Program Studi Akuntansi memang menjadi salah satu program studi yang paling banyak memiliki prospek kerja yang menjanjikan.

Hampir di semua sektor akan membutuhkan seorang akuntan untuk mengelola keuangan dari suatu kantor ataupun perusahaan. Di program studi ini kamu akan mempelajari tentang pengelolaan keuangan mulai dari urusan kecil hingga urusan yang rumit.

Untuk pendapatannya pun, seorang akuntan memiliki jumlah pendapatan yang tertinggi di suatu perusahaan karena memang tugasnya cenderung sulit dan membutuhkan konsentrasi penuh.

4.       Jurusan Manajemen Logistik

Mendengar namanya mungkin langsung terfikir bahwa jurusan ini termasuk ke dalam fakultas ekononomi. Nyatanya jurusan ini masuk ke dalam fakultas terapan yang pembelajarannya lebih menerapkan praktek dibanding teori. Di Indonesia sendiri belum terlalu banyak kampus yang menyediakan jurusan ini, padahal jurusan ini paling diminati untuk kerja kantoran.

Jurusan ini mempelajari tentang penyebaran, tata lokasi, pengiriman, dan hal lainnya yang berhubungan dengan logistik. Perusahaan yang biasanya mencari jurusan ini adalah kantor pos, kantor pengiriman, serta kantor lain yang masih berhubungan dengan pengiriman. Melihat perkembangan dunia ekspedisi di Indonesia, membuat jurusan ini masuk ke jurusan yang patut diperhitungkan.

5.       Jurusan Pajak

Salah satu sekolah ikatan dinas paling terkenal di Indonesia, yakni Stan memiliki jurusan ini sebagai favoritnya. Jurusan ini memiliki banyak peminat setiap tahunnya. Hal ini tidaklah mengherankan karena jurusan ini memiliki banyak prospek kerja yang menjanjikan. Lulusan jurusan ini tidak hanya bisa bekerja sebagai pns di ditjen pajak.

Memang salah satu tujuan orang belajar di jurusan pajak adalah ingin menjadi bagian dari ditjen pajak. Nyatanya banyak sekali pekerjaan yang bisa dilakukan oleh lulusan ini. Bila berbicara mengenai perusahaan konvensional maka lulusan ini dapat bekerja pada divisi tax accountant. Sebuah divisi yang menghitung jumlah pajak, serta mengurusi pajak perusahaan.

6.       Jurusan Perbankan

Lulusan Program Studi Ilmu Perbankan memang memiliki prospek kerja untuk bekerja di bank. Bekerja di bank saat ini merupakan salah satu pekerjaan yang di idam-idamkan oleh banyak kalangan. Lulusan Program Studi Ilmu Perbankan akan dibutuhkan di bank pada bagian back end, front end, teller, maupun customer service.

7.       Jurusan Ilmu Perpustakaan

Program Studi Ilmu Perpustakaan sejak dulu memang menjadi program studi yang tidak banyak diminati, padahal prospek kerja lulusan program studi ini cukup menjanjikan.

Lulusan Program Studi Ilmu Perpustakaan bisa bekerja di kantor sama seperti dengan lulusan program studi yang lainnya. Program studi ini tidak identik dengan dunia buku atau kutu buku.

Mengapa memerlukan seorang lulusan ilmu perpustakaan di dunia kantor? Hal ini dikarenakan seorang pustakawan merupakan seorang yang pandai, rapi, ringkas, efektif, dan efisien dalam melakukan tugas pembukuan ataupun penyusunan dokumen-dokumen penting.

8.       Jurusan Ilmu Pemerintahan

Lulusan Program Studi Ilmu Pemerintahan memiliki kesempatan untuk bekerja dengan nyaman di dalam kantor. Ada banyak sekali posisi di beragam kantor pemerintahan yang akan membutuhkan lulusan Program Studi Ilmu Pemerintahan untuk mengisi beberapa posisi yang sesuai dengan tugas yang dibutuhkan.

9.       Jurusan Psikologi

Jika kamu berpikir Program Studi Psikologi hanya akan bekerja di dunia kesehatan maka kamu sangat salah besar. Program Studi Psikologi merupakan salah satu program studi yang memiliki prospek kerja yang sangat luas.

Untuk dunia perkantoran, lulusan program studi psikologi akan banyak dibutuhkan untuk mengisi posisi sebagai seorang HRD yang seringkali menjadi gerbang utama untuk melakukan proses perekrutan karena mampu mengenali karakter serta kepribadian seseorang.

10.   Jurusan Hukum

Sebagai salah satu program studi yang dari dulu hingga saat ini memiliki jumlah peminat yang selalu banyak, Program Studi Ilmu Hukum memiliki prospek kerja yang cukup luas.

Tidak hanya bekerja di dunia pemerintahan saja, lulusan program studi Ilmu Hukum juga bisa bekerja di kantor-kantor advokat, perusahaan-perusahaan besar yang membutuhkan jasa lawyer atau seseorang yang mampu mengurus masalah perizinan maupun sengketa lainnya.

Kalau di perusahaan swasta biasanya lulusan jurusan hukum akan iempatkan di divisi legal. Divisi legal merupakan unit yang mengurusi tentang segala hal perijinan, syarat birokratif dan memastikan perusahaan berjalan sesuai dengan UU yang berlaku.

Pilihan Jurusan Kuliah yang Bisa Kerja di Kantor 

Demikian informasi mengenai apa saja jurusan kuliah yang bisa kerja di kantor, baik di kantor pemerintahan maupun swasta. Pilihan dimana tempat terbaik untuk Anda bekerja juga perlu dipikirkan sejak dini agar memiliki pandangan bagaimana pekerjaan impian Anda kelak.

Posting Komentar untuk "Jurusan Kuliah yang Bisa Kerja Di Kantor"