Widget Atas Posting

Jurusan Kuliah yang Paling Dibutuhkan di Dunia Kerja

Pada dasarnya setiap spesialisasi keahlian memiliki jodoh rejekinya masing-masing. Pekerjaan berhubungan erat dengan rejeki yang akan kita terima. Namun sebagian diri kita juga kadang memikirkan pekerjaan apa yang cocok dengan keahlian yang dimiliki dan memberikan hasil yang memuaskan.

Oleh karena itu, berikut ini saya informasikan beberapa jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja. Ada jurusan yang dari soshum dan saintek.




Jurusan Kuliah yang Paling Dibutuhkan di Dunia Kerja dari Soshum

  1. Akuntansi

Jurusan Akuntansi selalu menjadi idola dan terfavorit di setiap universitas. Pada jaman saya pun begitu, sekitar tahun 2007 ke atas, banyak sekali peminat jurusan ini sehingga persaingan cukup tinggi untuk bisa masuk jurusan Akuntansi.

Dikutip dari Top Universities, peluang karier lulusan ini pun cukup terbuka, di antaranya bisa menjadi auditor internal, akuntan publik, analis keuangan, hingga manajer perpajakan.

  1. Manajemen dan Bisnis

Dunia bisnis memang sangat membutuhkan ilmu manajemen ini. Jika Anda bercita-cita menjadi wirausaha jurusan ini akan sangat membantu. Selain itu, tidak hanya untuk bisnis pribadi, hampir setiap perusahaan membutuhkan ahli di bidang manajemen. Dengan keterampilan yang mumpuni, lulusan manajemen dan bisnis akan terus dicari di berbagai sektor industri.

Seperti kecakapan analisis data dan bisnis misalnya, menjadi lulusan jurusan ini kerap dibutuhkan berbagai perusahaan dan firma konsultan.

  1. Hukum

Jurusan selanjutnya di bidang soshum yang digemari karena prospek kerja yang besar adalah jurusan Hukum. Tidak heran jurusan ini pun masuk top rank di setiap kampus sehingga persaingannya cukup tinggi untuk bisa diterima.

Banyak peluang karier terkait hukum yang selalu terbuka, seperti panitera junior, paralegal, penata arsip hukum, pengacara magang, pemeriksa litigasi, koordinator mediasi, hingga konsultan hukum.

Selain itu, tentu saja karier yang baik akan memberikan hasil yang cukup tinggi. Pendapatan yang berkarier di bidang hukum selalu memuaskan dan memiliki jenjang karier yang bagus.

  1. Ekonomi

Seperti yang diketahui, berbicara bisnis dan pergerakannya, akan selalu menyebut satu bidang yakni ekonomi. Oleh karena itu, lulusan jurusan ekonomi punya peluang karier luas.

Dengan kecakapan dan kompetensi yang dimiliki, lulusan jurusan ini akan dibutuhkan di sektor perdagangan, produksi, kebiasaan di masyarakat, hukum, pemerintahan, dan politik internasional.

  1. Marketing

Di jurusan ini, Anda akan belajar menganalisis pasar hingga memasarkan produk. Oleh karena itu, kecakapan dalam berbicara sangat dibutuhkan. Bagi Anda yang jago dan menyukai dunia publik speaking, jurusan ini sangat lah cocok.

Selain itu, prospek pekerjaannya pun sangat menjanjikan. Jaman sekarang perusahaan mana yang tidak membutuhkan orang-orang yang ahli di bidang marketing. Meski di bidang pemasaran bisa dipelajari secara otodidak, tetapi lebih baik bagi Anda mengambil spesialisasi di bidang ini karena ilmu dan pengalaman yang diperoleh pun akan sangat berbeda dibandingkan belajar sendiri.

Namun sayangnya masih banyak orang yang memandang sebelah jurusan ini padahal sangat penting bagi setiap bisnis.

  1. Desain

Jurusan Desain ini menurut saya sangat menjanjikan pekerjaan yang cerah di masa sekarang dan masa depan. Karena dunia digital yang terus berkembang sangat membutuhkan para ahli di bidang desain, baik itu Jurusan Desain Komunikasi Visual, Jurusan Desain Produk, hingga Jurusan Desain Interior lagi banyak dicari. Kreativitas dan kemampuan mereka menggunakan teknologi mampu menarik minat masyarakat luas. Selain itu, ada pula Jurusan Desain Mode yang nggak kalah kreatifnya.

  1. Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi juga merupakan jurusan yang banyak dibutuhkan di dunia kerja, dari mulai pemerintahan hingga perusahaan swasta. Dahulu bidang marketing disamakan dengan para lulusan dari jurusan Ilmu Komunikasi karena sama-sama mempelajari publik speaking. Namun menurut saya Jurusan Marketing akan lebih detail lagi dalam mata kuliahnya dan fokus pada bidang marketing saja. Sedangkan Jurusan Ilmu Komunikasi ini masih banyak membahas hal-hal yang umum, seperti broadcasting, kebijakan, analisis, dan lain-lain.

 

 

Jurusan Kuliah yang Paling Dibutuhkan di Dunia Kerja dari Saintek

  1. Matematika

Bagi Anda yang menyukai hitungan dan angka, jurusan ini sangat cocok. Namun bagi yang tidak menyukainya, jangan coba-coba ya daripada stress melihat angka yang harus dipelajari setiap hari.

Jurusan Matematika sangat diperlukan di setiap dunia kerja, baik pemerintah maupun perusahaan swasta. Oleh karena itu, jurusan ini selalu diminati banyak orang, khususnya bagi lulusan SMA yang berasal dari IPA.

  1. Kedokteran

Selain biaya kuliahnya yang cukup mahal, jurusan ini memang memiliki prospek pekerjaan yang menjanjikan. Dikutip dari Prospects, di samping menjadi dokter dengan beragam opsi spesialisasi, lulusan kedokteran juga memiliki peluang menjadi ahli epidemiologi hingga ilmuwan klinis dan genomik.

Bagi Anda yang ingin kuliah di Jurusan Kedokteran tetapi terkendala biaya, jangan khawatir, sekarang banyak kok pilihan kampus yang menyediakan beasiswa, baik dalam maupun luar negeri.

  1. Farmasi

Setelah lulus dari jurusan farmasi, Anda tak hanya bisa menjadi apoteker mandiri atau di rumah sakit. Namun juga sebagai rekan peneliti klinis, ilmuwan pengembangan produk dan proses di perusahaan, petugas urusan regulasi, ilmuwan ilmu hayati, dan ahli toksikologi. Cukup banyak peluang kerjanya!

  1. Keperawatan

Selain dokter, profesi perawat juga akan terus dibutuhkan di dunia kerja masa depan, khususnya di bidang medis. Terlebih dengan gaya hidup orang yang mulai meningkat kesadarannya soal kesehatan, maka rumah sakit akan membutuhkan banyak perawat.

Setelah lulus, bidang keperawatan tidak hanya terbatas melayani di klinik atau rumah sakit saja. Ke depan akan banyak perawat yang diperlukan untuk perawatan pencegahan penyakit kronis misalnya diabetes dan obesitas.

  1. Teknik Industri

Salah satu jurusan teknik yang akan selalu dibutuhkan dunia kerja hingga masa depan adalah jurusan teknik industri. Lulusan ini kerap dibutuhkan perusahaan untuk berbagai posisi, mulai dari analis sistem, operations engineer, risk advisor, analis program, analis bisnis, analis kontrol proses, industrial engineer, dan pengawas manufaktur.

  1. Teknik Informatika

Mahasiswa jurusan ini akan belajar konsep dasar computing dan matematika, prinsip teknologi informasi, hingga pengelolaan dan evaluasi terkait sumber daya informasi. Karena belajar hal terkait teknologi dan informasi, maka jurusan ini akan sesuai dengan kebutuhan dunia di masa depan.

Berkembangnya era digital saat ini membuat kebutuhan tenaga ahli di bidang informatika semakin besar. Tidak hanya ahli yang bisa mengoperasikan alat-alat digital tersebut, tetapi juga ahli dalam reparasi dan menganalisa setiap trouble yang terjadi.

  1. Ilmu Komputer

Jurusan Ilmu Komputer merupakan salah satu jurusan Saintek yang nggak ada matinya. Adanya kemajuan teknologi yang mengarah pada pemanfaatan teknologi komputer dan informasi membuat jurusan ini banyak diincar oleh anak IPA. Terus seperti apa kuliah di jurusan ini? Pokoknya, di Jurusan Ilmu Komputer kamu akan dibentuk untuk menjadi mahasiswa yang memiliki wawasan global dan tanggap terhadap kebutuhan dunia di bidang teknologi komputer dan informasi.

  1. Statistika

Dalam World Economic Forum’s disebutkan bahwa salah satu profesi yang dibutuhkan di masa depan adalah data scientist. Nah, salah satu jurusan pencetak lulusan yang mampu bekerja di bidang itu ialah Jurusan Statistika. Hal ini disebabkan mahasiswa Jurusan Statistika akan diajarkan tata cara mengumpulkan, mengolah, mengelola, menganalisis, menginterpretasikan, hingga menyajikan data.

  1. Teknik Elektro

Selanjutnya, ada Jurusan Teknik Elektro yang ilmunya memiliki pengaruh kuat dalam perkembangan peradaban manusia. Yaps, kebutuhan ilmu dari jurusan ini telah terbukti terus dibutuhkan hingga sekarang. Mahasiswanya nggak hanya belajar soal listrik, tetapi juga telekomunikasi. Tanpa adanya lulusan dari jurusan ini, perkembangan teknologi internet dan komunikasi mungkin nggak sebaik sekarang lho.

  1. Teknik Mesin

Jurusan Teknik Mesin adalah jurusan yang berkutat pada mesin yang digunakan pada berbagai objek teknologi. Bukan hanya itu, jurusan ini juga akan membuatmu belajar tentang pembuatan dan pengoperasian robot. Tapi untuk masuk ke jurusan ini kalian wajib punya pengetahuan dasar sains, seperti Matematika, Fisika, dan Kimia.

 

 

Perlukah Memilih Jurusan Kuliah yang Paling Dibutuhkan di Dunia Kerja ?

Kalimat pertanyaan ini mencoba menuntun pikiran kita pada keresahan dalam diri yang secara tidak sadar ikut berpengaruh saat kita membuat keputusan. Benar kan?

Saat memilih jurusan kuliah yang paling dibutuhkan ada rasa takut jika tak sesuai dengan passion dan bakat yang dimiliki. Namun jika memilih jurusan sesuka hati dan mengabaikan kebutuhan di dunia kerja, lalu mau makan apa jika tidak ada yang mau mempekerjakan diri kita?

Nah, dilemma-dilemma yang muncul tersebut sangat lah wajar dirasakan setiap orang. Di sini saya akan memberikan sedikit saran dari pengalaman masa lalu.

Lulus dari jurusan Ilmu Pemerintahan tidak lantas menjadikan saya seorang politisi, wartawan, reporter yang seperti dicita-citakan sebelumnya. Pada akhirnya pilihan sebagai bankir lebih menarik karena dari segi penghasilan lebih besar dan sesuai dengan kondisi ekonomi keluarga saya waktu itu. Menyesal? Awalnya iya, tetapi saya menerimanya dengan tetap menghargai kerja keras diri sendiri yang mampu beradaptasi dan bertahan di sana.

Saat ini cukup banyak perusahaan yang memberikan kualifikasi menerima dari semua jurusan. Pada akhirnya yang dibutuhkan bukan apa background Pendidikan Anda, tetapi apa yang bisa Anda berikan pada perusahaan. Proses pembelajaran, baik di kampus maupun di luar kampus, menurut saya adalah jawaban bagaimana Anda nantinya menjadi orang yang paling dibutuhkan di dunia kerja. Karena IPK tinggi pun tidak menjamin kita lantas mendapatkan pekerjaan yang bagus dan cepat.

Selain itu, ingatlah bahwa setiap manusia memiliki timelinenya sendiri-sendiri. Jangan pernah membandingkan kehidupan Anda dengan orang lain. Dan jangan pernah hidup dengan standar orang lain. Jadilah diri Anda sendiri dengan versi yang terbaik.

Itulah mengapa pilihan jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja menurut saya sangat bergantung pada masing-masing individu, bukan ditentukan dari jurusan apa dan kampus mana.

Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Jurusan Kuliah yang Paling Dibutuhkan di Dunia Kerja"