Widget Atas Posting

20 Jurusan UB yang Sepi Peminat

Universitas Brawijaya atau yang sering disingkat UB ini merupakan universitas negeri di Malang yang tidak kalah favoritnya. Hal ini dibuktikan dengan jumlah peminat UB yang semakin meningkat tiap tahunnya.

Universitas yang berdiri sejak tahun 1963 ini memiliki 79 program studi yang bisa Anda coba untuk melanjutkan studi di jenjang diploma hingga profesi.

Berikut ini informasi apa saja jurusan UB yang sepi peminat yang perlu disimak jika Anda ingin mendaftar menjadi mahasiswa UB. Hasil ini berdasarkan perbandingan jumlah peminat pada SBMPTN yang diselenggarakan tahun 2021 dengan daya tampung mahasiswanya. Mengapa perlu mengetahui jumlah peminat dan daya tampungnya? Supaya Anda mengetahui seberapa tinggi tingkat persaingan jurusan yang ingin Anda daftar.

Dengan begitu Anda bisa lebih baik dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi seleksinya. Sebagai informasi tambahan peminat masuk UB di SBMPTN 2021 mencapai 69.887 orang. Terbanyak di prodi saintek yakni 38.217. Sedangkan di prodi soshum 31.670 peminat.

 

 

Sumber Gambar : www.detik.com

Jurusan UB yang Sepi Peminat di Bidang Saintek

1.       Jurusan Desain Grafis

Peminat D4 Jurusan Desain Grafis melalui SBMPTN tahun 2021 yaitu sebanyak 163 orang dengan daya tampung 42 orang mahasiswa.

Akreditasi: B

2.       Jurusan Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan

Peminat S-1 Jurusan Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan melalui jalur SBMPTN tahun 2021 sebanyak 180 pendaftar. Sedangkan daya tampung untuk tahun 2022 ini adalah 63 orang.

Akreditasi: Unggul

3.       Jurusan Sosial Ekonomi Perikanan

Peminat S-1 Sosial Ekonomi Perikanan UB di PSDKU Kediri tahun 2021 melalui jalur masuk SBMPTN hanya diminati sebanyak 63 pendaftar. Jumlah ini cukup sedikit jika dibandingkan daya tampung untuk SBMPTN 2022 sejumlah 42 orang.

Akreditasi: Baik (6103/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2021)

4.       Jurusan Budidaya Perairan

Peminat S-1 Jurusan Budidaya Perairan melalui jalur SBMPTN tahun 2021 sebanyak 188 pendaftar. Daya tampung di jurusan ini sebesar 63 orang.

Akreditasi: Unggul

5.       Jurusan Peternakan

Peminat S-1 Peternakan (PSDKU Kediri) tahun 2021 melalui jalur masuk SBMPTN diminati sebanyak 192 pendaftar dengan daya tampung 42 mahasiswa.

Akreditasi: Unggul

6.       Jurusan Agroekoteknologi

Peminat S-1 Agroekoteknologi (PSDKU Kediri) tahun 2021 melalui jalur masuk SBMPTN diminati sebanyak 194 pendaftar dengan daya tampung 42 mahasiswa.

Akreditasi: Baik

7.       Jurusan Instrumentasi

Peminat S-1 Instrumentasi Universitas Brawijaya tahun 2021 melalui jalur masuk SBMPTN diminati sebanyak 231 pendaftar. Sedangkan daya tampungnya sebesar 33 mahasiswa.

Akreditasi : B

8.       Jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan

Peminat S-1 Manajemen Sumberdaya Perairan tahun 2021 melalui jalur masuk SBMPTN diminati sebanyak 221 pendaftar. Sedangkan daya tampungnya sebesar 63 mahasiswa.

Akreditasi : Unggul

9.       Jurusan Teknologi Hasil Perikanan

Peminat S-1 Teknologi Hasil Perikanan UB tahun 2021 melalui jalur masuk SBMPTN diminati sebanyak 237 pendaftar dengan daya tampung 63 mahasiswa.

Akreditasi : Unggul

10.   Jurusan Teknik Pertanian dan Biosistem

Peminat S-1 Teknik Pertanian dan Biosistem Universitas Brawijaya Malang tahun 2021 melalui jalur masuk SBMPTN diminati sebanyak 243 pendaftar. Daya tampungnya sebesar 50 mahasiswa.

 

 

Jurusan UB yang Sepi Peminat di Bidang Soshum

1.       Jurusan Seni Rupa Murni

Peminat S-1 Seni Rupa Murni UB tahun 2021 melalui jalur masuk SBMPTN hanya diminati sebanyak 95 pendaftar dengan daya tampung 20 mahasiswa.

Akreditasi: B (4419/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/VIII/2020)

2.       Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang

Peminat S-1 Pendidikan Bahasa Jepang UB tahun 2021 melalui jalur masuk SBMPTN hanya diminati sebanyak 157 pendaftar saja. Daya tampungnya sebesar 27 mahasiswa.

Akreditasi : B

3.       Jurusan Pendidikan dan Sastra Prancis

Peminat S-1 Bahasa dan Sastra Prancis UB tahun 2021 melalui jalur masuk SBMPTN hanya diminati sebanyak 181 pendaftar. Daya tampungnya sebesar 27 mahasiswa.

Akreditasi: B (1921/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2018)

4.       Jurusan Sastra Cina

Peminat S-1 Sastra Cina Universitas Brawijaya tahun 2021 melalui jalur masuk SBMPTN hanya diminati sebanyak 247 pendaftar saja. Daya tampungnya sebesar 33 mahasiswa.

Akreditasi : B

5.       Jurusan Administrasi Pendidikan

Peminat S-1 Administrasi Pendidikan UB tahun 2021 melalui jalur masuk SBMPTN hanya diminati sebanyak 291 pendaftar. Daya tampungnya sebesar 30 mahasiswa.

Akreditasi: B (1841/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2018)

6.       Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Peminat S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UB tahun 2021 melalui jalur masuk SBMPTN hanya diminati sebanyak 295 pendaftar. Daya tampungnya sebesar 37 mahasiswa.

Akreditasi : B

7.       Jurusan Antropologi

Peminat S-1 Antropologi Universitas Brawijaya tahun 2021 melalui jalur masuk SBMPTN diminati sebanyak 427 pendaftar saja. Daya tampungnya sebesar 27 mahasiswa.

Akreditasi : B

8.       Jurusan Manajemen Perhotelan

Peminat D4 Manajemen Perhotelan di UB tahun 2021 melalui jalur masuk SBMPTN diminati sebanyak 436 pendaftar. Daya tampungnya sebesar 40 mahasiswa.

Akreditasi: B

9.       Jurusan Ilmu Perpustakaan

Peminat S-1 Ilmu Perpustakaan UB tahun 2021 melalui jalur masuk SBMPTN diminati sebanyak 420 pendaftar dengan daya tampung 33 mahasiswa.

Akreditasi: Unggul

10.   Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris

Peminat S-1 Pendidikan Bahasa Inggris UB tahun 2021 melalui jalur masuk SBMPTN diminati sebanyak 368 pendaftar dengan daya tampungnya 57 mahasiswa.

Akreditasi: -

 

Tips Lolos SBMPTN Meski Tingkat Persaingan Tinggi (Jurusan UB yang Sepi Peminat)

Tidak ada yang tidak mungkin bila kita telah memiliki niat dan bertawakal hanya kepada Allah SWT. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda praktekkan agar tetap lolos meski tingkat persaingan tinggi di prodi yang dipilih.

  1. Cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai jurusan dan kampus

Mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai jurusan yang Anda pilih dan kampusnya cukup membantu Anda untuk terus bersemangat. Jika perlu cari informasi juga tentang alumni atau mahasiswa yang bisa memberikan informasi valid mengenai kampus dan jurusan tersebut, seperti bagaimana kuliahnya, mata kuliah, dosen-dosennya, kegiatan di luar kampus, dll.

  1. Cari informasi prospek pekerjaan jika sudah lulus

Mencari informasi tentang prospek pekerjaan yang berpeluang Anda lamar ketika sudah lulus nanti. Hal ini sangat membantu karena tujuan Anda pun semakin nyata dan tepat sasaran, tidak hanya sekedar ikut-ikutan teman.

  1. Refleksi diri

Setelah mendapatkan informasi tersebut kemudian refleksikan pada diri Anda. Apakah sudah sesuai jurusan yang dipilih dengan tujuan hidup Anda, apakah sudah sesuai jurusan tersebut dengan karier yang Anda impikan kedepannya, dan yang terpenting adalah sudah sesuaikah dengan minat dan bakat Anda.

  1. Meminta doa restu dari orang tua

Setelah menemukan alasan terbesar mengapa Anda ingin masuk jurusan tersebut, barulah Anda bisa mengkomunikasikan maksud dan tujuan belajar Anda kepada orang tua. Tak lupa iringi dengan permohonan doa restu dari mereka karena doa mereka adalah salah satu jalan yang memudahkan Anda mencapai apa yang diinginkan.

  1. Berdoa dan tawakal

Selalu masukkan harapan Anda saat berdoa dan tawakal hanya kepada Allah SWT.

 

Mengapa tipsnya tidak ada rajin belajar? Karena menurut saya tahap belajar merupakan tahap yang pasti akan dilalui sebagai bentuk usaha untuk mencapai apa yang diinginkan. Namun banyak yang berhenti setelah tahap belajar itu dilakukan, padahal ada banyak hal lain yang perlu dilakukan untuk mewujudkan apa yang menjadi harapan kita.

Semoga informasi jurusan UB yang sepi peminat di atas bisa membantu Anda untuk mewujudkan mimpi menjadi mahasiswa UB. Untuk informasi akreditasi terupdate Anda bisa kunjungi website resmi PD Dikti.

Posting Komentar untuk "20 Jurusan UB yang Sepi Peminat"