Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Universitas yang Menerima Lulusan SMK

Mencari universitas yang menerima lulusan SMK menurut saya perlu dibalik pertanyaannya, karena jika memang itu yang jadi pertanyaan maka jawabannya banyak sekali universitas yang bisa menerima lulusan SMK. Karena yang terpenting bukan asal sekolah tetapi hasil tes masuk universitas tersebut.

Jika Anda termasuk salah satu lulusan SMK saat ini yang memiliki keinginan untuk bisa kuliah, maka jangan lah pesimis dengan latar belakang Pendidikan yang Anda miliki. Justru lulusan SMK dan SMA sama-sama memiliki peluang yang besar untuk bisa kuliah di universitas, baik negeri maupun swasta.

Bedanya saat belajar di SMA maka selama 3 tahun itu mereka benar-benar mempelajari teori dan materi yang diujikan saat tes masuk universitas atau yang kini disebut SBMPTN. Nah, pertanyaannya siapkah Anda bersaing dengan lulusan SMA tersebut dalam mempersiapkan tes masuk perguruan tinggi.

Jadi coba jika pertanyaannya dibalik bukan lagi mana saja universitas yang menerima lulusan SMK, tetapi setelah lulus SMK maukah Anda kuliah? Hal ini nantinya sama saja jika ada pertanyaan mengenai jurusan kuliah apa yang cocok untuk lulusan SMK, karena jawabannya banyak sekali jurusan yang tersedia. Sehingga pertanyaannya perlu dibalik menjadi setelah lulus SMK mau kuliah jurusan apa?

 


Daftar Universitas yang Menerima Lulusan SMK

1. Universitas Indonesia

2. Universitas Negeri Yogyakarta

3. Universitas Padjadjaran

4. ISI YOGYAKARTA

5. UIN WALISONGO SEMARANG

6. Universitas Gajah Mada

7. Institut Teknologi Bandung

8. Universitas Sriwijaya

9. Universitas Gadjah Mada

10. UPN Veteran Jatim

Daftar tersebut di atas merupakan gambaran universitas negeri mana saja yang bisa Anda masuki setelah lulus dari SMK. Jika banyak PTN favorit yang bisa menerimanya artinya semua PTS juga pasti tersedia untuk para lulusan SMK dan SMA. Karena sekali lagi tidak melihat latar belakang Pendidikan tetapi hasil tes masuk universitas.

 

Cara Memilih Universitas yang Menerima Lulusan SMK

1.       Cek Alumni SMK di PTN atau PTS yang diinginkan

Hal ini menjadi pendukung kepercayaan diri Anda saat mendaftar ke universitas yang menjadi impian Anda selama ini. Ada juga SMK yang sudah bekerjasama dengan perguruan tinggi melalui jalur undangan atau kini disebut SNMPTN. Jadi melalui SNMPTN hanya dilihat dari nilai raport Anda selama menjadi siswa di SMK. Sudah banyak contoh para alumni SMK yang bisa kuliah di PTN melalui jalur SNMPTN, seperti pengalaman suami saya yang dulu merupakan lulusan SMK Penerbangan Yogyakarta berpeluang untuk masuk UGM Jurusan Teknik Sipil dengan jalur undangan tanpa tes. Namun karena sebelumnya dia sudah mendaftarkan untuk ikut magang di GIA, maka kesempatan itu harus dilewatkan untuk teman-temannya yang lain.

2.       Pilih Jurusan yang Sesuai

Sepertinya informasi mengenai jurusan kuliah di universitas ini seringkali dilewatkan oleh para siswa yang mau masuk SMK atau SMA. Mereka kebanyakan tidak mempertimbangkan juga setelah lulus SMK/SMA mau kuliah dimana dan jurusan apa. Karena hal ini juga akan berdampak pada pilihan studi mereka sebenarnya, mau pilih IPA/IPS/Bahasa.

Dengan semakin terbuka dan banyaknya informasi yang mudah diakses ini memberikan kesadaran kepada siswa untuk bisa merencanakan lebih dini tentang studi mereka. Harapannya kelak kedepannya tidak ada lagi cerita salah jurusan seperti yang dialami oleh lulusan generasi saya.

3.       Tentukan Jalur Masuk Universitas

Ada banyak jalur untuk bisa masuk universitas, yaitu SNMPTN (dari hasil raport), SBMPTN (ujian tulis yang diselenggarakan serempak), dan seleksi mandiri (tes diselenggarakan oleh masing-masing universitas). Perlunya memilih mau masuk universitas melalui jalur apa juga mempengaruhi proses belajar Anda saat duduk di bangku SMA/SMK.

 

Jurusan Kuliah di Universitas yang Menerima Lulusan SMK

1.       Jurusan Tata Busana

Selain keterampilan menjahit, sebagai lulusan SMK Program Keahlian Tata Busana, kamu juga akan dibekali dengan keterampilan lain seperti mendesain baju, membuat pola, mengenal jenis bahan, hingga membuat proyek tentang fashion. Lulusan jurusan ini bisa berkarier di dunia fashion sebagai Fashion Designer, Fashion Photographer, Fashion Stylist, Fashion Illustrator, Fashion Journalist, dan Fashion Blogger.

2.       Jurusan Tata Boga

Jurusan ini memiliki prospek kerja yang sangat luas dan tidak terbatas. Tidak hanya bekerja di restoran atau hotel sebagai juru masak, lulusan dari jurusan Tata Boga bahkan bisa berwirausaha dengan kemampuan memasak mereka. Bahkan ada yang bisa mendapatkan kontrak dengan kapal pesiar dengan bayaran yang tentu saja fantastis.

3.       Jurusan Pariwisata

Bagi siswa SMK yang memilih konsentrasi Pariwisata, jurusan ini bisa dipilih di perguruan tinggi. Anda bisa memperdalam ilmu tersebut dan menggapai impian karier di jurusan ini. Setelah lulus dari jurusan ini Anda bisa menjadi seorang Pemandu Wisata, Pengusaha Perjalanan Wisata, Manajer Tempat Wisata, dan Concierge Hotel.

4.       Jurusan Perhotelan

Siswa SMK yang belajar di bidang Perhotelan juga berpeluang besar untuk bisa melanjutkan studi di jurusan Perhotelan saat kuliah. Banyak PTS yang menyediakan jurusan tersebut sehingga nantinya Anda lebih fokus menjadi seorang professional di bidang perhotelan.

5.       Jurusan Teknik Sipil

Jika Anda merupakan lulusan Konstruksi Gedung, Sanitasi, dan Perawatan sewaktu di SMK, mungkin kuliah Teknik Sipil bakal membuatmu betah belajar karena fokus studinya yang sama.

6.       Jurusan Teknik Informatika

Bidang Teknologi dan Informatika selalu menjadi salah satu bidang favorit di kalangan siswa SMK. Beberapa ilmu mengenai software dan computer science yang sebelumnya Anda dapat di SMK, bisa dikembangkan lagi lebih dalam di jurusan ini. Anda bisa menemui jurusan ini di beberapa universitas negeri seperti Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Brawijaya (UB), Institut Sepuluh Nopember (ITS), dan Universitas Padjadjaran (Unpad).

7.       Jurusan Perbankan/Akuntansi

Jurusan ini hampir mirip dengan Jurusan Akuntansi, Jurusan Perbankan juga akan membekali mahasiswa dengan keahlian hitung-menghitung. Akan tetapi, jurusan perbankan lebih berpusat pada kegiatan yang berhubungan dengan bank. Misalnya saja perhitungan uang, pembukuan, hingga dokumentasi. Jadi terlihat sama padahal berbeda.

8.       Jurusan Arsitektur

Salah satu jurusan kuliah yang cocok bagi Anda lulusan SMK Program Keahlian Teknik Bangunan adalah jurusan Arsitektur. Saat berada di bangku SMK, Anda sudah mempelajari teknik-teknik menggambar proyeksi secara manual dan digital dengan Autocad. Di Indonesia ada beberapa kampus yang bisa dipilih untuk melanjutkannya seperti Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), Universitas Brawijaya (UB), dan Universitas Diponegoro (Undip). Setelah lulus dari jurusan ini, selain menjadi seorang Arsitektur, Anda juga bisa bekerja sebagai Konsultan Arsitektur, Peneliti di bidang Urban Development, Kontraktor, bahkan Quantity Surveyor.

9.       Jurusan Teknik Mesin

Jurusan Teknik Mesin cocok dipilih bagi Anda siswa SMK Program Keahlian Teknik Mesin. Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan bidang permesinan sehingga akan lebih mudah mempelajari setiap mata kuliah di jurusan ini. Setelah lulus, Anda bisa bekerja sebagai Mechanical Engineer, Designer, Teknisi, maupun Operator di banyak perusahaan seperti di industri otomotif, industri dirgantara, industri manufaktur, bahkan industri minyak dan gas.

10.   Jurusan Farmasi

Sebagai lulusan SMK dengan Program Keahlian Farmasi, jika ingin melanjutkan kuliah bisa memilih jurusan Farmasi untuk lebih memperdalam bidang tersebut. Sebagai lulusan dari jurusan Farmasi, Anda juga bisa bekerja di bidang Farmasi lainnya seperti di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), rumah sakit, industri obat-obatan, industri kosmetik, dan Instansi Kesehatan.

11.   Jurusan Desain Komunikasi Visual

Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) ini bisa dijadikan pilihan bagi lulusan SMK dengan bidang keahlian desain grafis. Ada beberapa kampus yang memiliki Jurusan DKV, seperti Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Negeri Malang (UM), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), dan Institut Seni Indonesia (ISI). Lulusan dari jurusan ini akan mendapatkan gelar Sarjana Desain (S.Ds). Gelar tersebut bisa Anda gunakan untuk melamar pekerjaan di berbagai bidang sebagai seorang Desainer Grafis, Ilustrator, Animator, dan Web Designer.

12.   Jurusan Broadcasting

Salah satu jurusan kuliah yang bisa dipilih setelah lulus dari SMK dengan Program Keahlian Multimedia adalah jurusan Broadcasting. Anda akan dibekali dengan berbagai keahlian seperti manajemen produksi televisi, penulisan naskah, pengarahan acara, tata artistik, tata foto elektronik, dan editing elektronik. Setelah lulus, Anda bisa mencoba berkarier di bidang broadcast dan industri perfilman sebagai Asisten Setting Film, Sutradara, Editor, Talent Director, dan Teknisi Kamera dan Fotografi.

Demikian informasi jika Anda merasa penasaran dengan mana saja universitas yang menerima lulusan SMK beserta jurusan kuliah yang sesuai dengan keahlian yang dipelajari saat SMK. Sekali lagi fokusnya bukan pada latar belakang lulusan apa dan mana, tetapi yang terpenting adalah Anda bisa lolos tes untuk masuk universitas tersebut dan mengikuti perkuliahannya hingga lulus.

Posting Komentar untuk "Universitas yang Menerima Lulusan SMK"