Widget Atas Posting

Cara Sukses dalam Hidup Tanpa Uang

Mari kita awali pembahasan mengenai sukses kali ini dengan mindset. Karena anggapan bahwa untuk menjadi orang yang sukses membutuhkan uang itu ternyata hanya mindset. Kenyataannya uang bukan segalanya meski uang mampu membeli banyak hal.

Fakta dari pendapat tersebut di atas bahwa tanpa uang kita tak bisa sukses bisa dijelaskan melalui cerita ini. Suatu ketika ada seorang anak yg mendapatkan harta warisan sepeninggal orang tuanya tetapi uang itu dalam waktu singkat habis meski sudah diupayakan untuk membuat bisnis ini dan itu. Nah, uang bukan kunci dari kesuksesan kalau begitu.

Pahami sifat uang yg cepat habis, jadi lebih baik punya mindset produktif daripada hanya memikirkan uang. Money will follow.

 


Jadi Bagaimana Caranya Bisa Sukses Tanpa Uang?

1. Mindset, mindset is everything tapi kita sudah terlanjur lama meyakini bahwa uang lah yang segalanya bagi hidup kita. Punya uang banyak akan membuat kita bahagia, benarkah? Contoh dua orang, A punya uang banyak tapi dia tidak bisa mengelola uang dengan baik, B tidak punya uang tapi pintar dan kreatif. Siapa yang akan bertahan dan hidup sukses? Tentu saja B, karena B memiliki modal untuk menghasilkan uang yaitu melalui skill dan mindsetnya.

2. Kenali potensi diri

Mengenali potensi diri bisa dimulai dari hobi Anda selama ini. Misalnya Anda punya hobi menulis, maka bisa Anda kmbangkan menjadi content writer, penulis buku, dll.

Meski untuk mengenali potensi diri ini bukan lah sesuatu yg instan, butuh proses agar Anda menjadi yakin bahwa itulah kegiatan yang dimana Anda bisa menjadi ahlinya. Hobi tidak saja tentang yg disukai tetapi yg sudah berulang kali dilakukan secara konsisten.

3. Peka terhadap sekitar

Agar peka terhadap sekitar kita bisa memulainya dengan mengenal potensi pasar salah satunya, apa yg dibutuhkan oleh masyarakat bisa Anda jadikan tujuan mengenai apa yg akan Anda lakukan dan bisa Anda jual.

Jika kita berbicara mengenai sukses dalam berbisnis maka hal ini sangat lah penting. Karena berbisnis artinya Anda membuat kegiatan yang menghasilkan keuntungan.

4. Mengembangkan skill

Setelah Anda mengenal apa potensi diri, maka Anda mulai bisa mengembangkan skill. Investasi leher ke atas dengan mengikuti seminar atau kursus yang bisa meningkatkan skill Anda. Kebanyakan orang lebih sibuk mencari modal untuk beli bahan baku tetapi melupakan hal dalam mengasah skill.

5. Memulainya sekarang

Tidak menunda apa yang ingin dilakukan. Percuma jika sudah mengkonsep sedemikian rupa tetapi tidak pernah dimulai. Jika Anda menunda apa yang menjadi mimpi Anda, maka jangan heran jika Anda malahan bekerja keras hanya untuk mewujudkan mimpi orang lain.

6. Jadilah Produktif

Jangan bandingkan hidupmu, kemampuanmu, dan pencapaianmu dengan orang lain. Karena itu bukan jalan keluar bagi Anda untuk menjadi sukses. Kita bisa memiliki seorang idola dan kemudian kita ingin meniru kesuksesannya. tapi bukan itu caranya. Jangan hanya menyalin tetapi juga mempelajari apa kesalahannya agar tidak terulang dalam perjalanan Anda menuju kesuksesan. Menjadi produktif juga berarti berpikir kreatif dan mau belajar.

 
Arti Sukses yang Sebenarnya

Definisi sukses tiap orang berbeda. Jangan samakan kesuksesanmu dengan kesuksesan yang diinginkan orang lain darimu jika kamu tak ingin melihat dirimu selalu merasa kurang.

Pada akhirnya Anda akan bertanya jika makna sukses berbeda satu sama lain, maka bagaimana bisa sukses dalam hidup tanpa uang sekalipun?

Ingat bahwa uang bukan lah satu-satunya modal kesuksesan hidup Anda. Ada banyak faktor lain yang bisa membawa Anda mencapai kesuksesan dalam hidup, seperti yang disebutkan di atas.

Dari semua hal tersebut menurut saya sangat penting bagi Anda untuk memperbaiki mindset terlebih dahulu. Hal ini tidak mudah, karena membutuhkan proses agar mindset tersebut sampai dalam pikiran bawah sadar kita.

Jika mindset Anda masih banyak kecaman batin, meragukan kemampuan diri sendiri, dan ha negatif lainnya, terutama mindset bahwa Anda butuh uang untuk sukses maka bersiaplah untuk tidak sukses. Karena bukan kesuksesan yang Anda peroleh melainkan kalimat-kalimat negatif yang selalu Anda gaungkan akan menjadi kenyataan.

You are what you think you are. Jadi berhati-hatilah mengelola pikiran kita agar tidak memicu terjadinya hal-hal negatif yang tidak kita inginkan.

 

Jangan Mengejar Uang, Tapi Jadilah Magnet Uang

Kuncinya believe in yourself bahwa Anda mampu sukses dalam hidup meski tidak punya modal uang. Namun konsistensi dan komitmen Anda untuk terus produktif itulah yang akan menjadi magnet uang datang kepada Anda.

Di jaman digital ini yang memudahkan media sosial menjadi konsumsi kita yg tak terbatas semakin sulit untuk memiliki mindset yg benar dan sehat. Karena di luar sana banyak hal yang membuat kita jadi membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain.

Saya sarankan Anda pun membaca “How to Stop Living Like a Sh*t” yang ditulis oleh Andrea Owen. Di sana Anda akan mendapatkan penjelasan bahwa ada banyak hal tanpa kita sadari yang menghalangi kita untuk bahagia. Hal ini sangat relate bagi Anda yang menjadikan kebahagiaan sebagai kunci sukses hidup Anda.

Sekali lagi ukuran sukses tidak ditentukan oleh uang yang Anda miliki saat ini. Roda selalu berputar dan jangan putus asa jika saat ini berada dibawah dalam keadaan sulit, terutama dari segi finansial. Jangan batasi kemampuan Anda hanya dengan kepemilikan uang. Namun teruslah kembangkan kreativitas yang bisa memberikan Anda kepuasan secara lahir dan batin.

Percayalah hidup hanya untuk mengejar uang sangat lah lelah, maka jangan awali hidupmu dengan uang. Bagaimana Anda bisa sukses dalam hidup tanpa uang itu semua tergantung mindset yang dimiliki karena seringkali diri kita dibatasi oleh pemikiran-pemikiran kita saja. Jadi bebaskan dirimu, pikiranmu, dan jadilah produktif.

Posting Komentar untuk "Cara Sukses dalam Hidup Tanpa Uang"