Widget Atas Posting

Masalah dalam Hubungan Ayah Tiri dan Anak Laki-laki

Masalah yang dihadapi anak laki-laki dengan ayah tirinya seringkali terjadi saat anak laki-laki berusia remaja. Ya, apalagi ayah tiri memasuki kehidupannya saat dia beranjak remaja. Hal itu akan memberikan memory tersendiri bagi anak laki-laki.

Tidak semua masalah yang terjadi dalam hubungan ayah tiri dan anak laki-laki berakhir buruk. Justru di fase inilah bagaimana hubungan keduanya akan menjadi kuat atau lemah. Itu semua tergantung bagaimana cara mereka menyelesaikannya.

Mari kita ketahui dulu apa saja masalah yang biasa dihadapi dalam relasi ayah tiri dan anak laki-laki.

 


Apa Saja Masalah yang Terjadi dalam Hubungan Ayah Tiri dan Anak Laki-laki?

1. Perbedaan pendapat

Perbedaan pendapat ini juga sering terjadi pada hubungan anak dngan ayah kandungnya. Namun status ayah tiri biasanya sudah menjadi trigger tersendiri bagi anak laki-laki untuk tidak merasa dekat. Akhirnya timbullah berbagai masalah mengenai perbedaan pendapat ini.

Dalam kenyataannya ada anak yang pendiam atau ayahnya yang pendiam sehingga bisa jadi menyelesaikan masalah atau malah hanya memperburuk masalah. Jika masalah itu hanya terpendam dan tidak ada komunikasi yang baik dari salah satu maka hubungan pun menjadi buruk. Maaf aku harus mengatakannya bahwa meskipun kamu adalah seorang introvert tapi kamu perlu mengkomunikasikan apa yang membuatmu tidak nyaman.

2. Kasih sayang yang terbagi

Ada juga anak laki-laki yang bahagia akhirnya merasakan memiliki ayah, meski itu adalah ayah tiri. Mungkin ayah kandungnya meninggalkannya dan ibunya atau ayah kandungnya telah meninggal. Ada juga kok anak laki-laki yang secara terbuka menerima kedatangan ayah tirinya.

Namun pada kenyataannya ayah tirinya datang karena mencintai ibunya, bukan anak laki-laki tirinya. Maka yang terjadi adalah anak laki-laki tidak merasakan kasih sayang yang dirasakan ibunya saat mendapatkan suami baru.

Kita tidak bisa mengharapkan orang lain akan selalu baik pada kita, begitu juga rasa sayang. Kita tidak bisa memaksakannya. Jadi bagi kamu yang akan menjadi ayah tiri atau sudah menjadi ayah tiri maka evaluasi kembali rasa cintamu, apakah sudah adil?

Penting lho bagi anak laki-laki untuk merasakan cinta, apalagi jika dia berusia remaja. Waktu dimana dia sangat membutuhkan support system dari keluarganya, dan kini keluarga itu adalah kamu.

Kasih sayang yang terbagi ini juga bisa karena ayah tiri sudah memiliki anak lain dari pernikahan sebelumnya. Meski sudah berusaha adil tapi hal itu akan tetap terjadi. Jadi lebih baik introspeksi kembali.

3. Perdebatan

Jika tadi kita bicara soal beda pendapat antara ayah tiri dan anak laki-laki, maka sekarang kita berbicara mengenai perdebatan. Karena tidak selalu beda pendapat menimbulkan perdebatan. Bisa saja salah satunya mengalah atau memilih diam sehingga tidak terjadi perdebatan.

Masalah perdebatan ini pun sama efeknya bagi sebuah hubungan. Bisa jadi memberikan dampak positif dan negatif. Itu semua tergantung dengan bagaimana caramu menyelesaikannya.

Sebagai ayah tiri kamu tidak bisa terus diam dan memilih mengalah jika kamu melihat anak laki-lakimu berbuat salah. Kamu sebaiknya memberikan penjelasan dan berkomunikasi dengan baik dengan anak laki-lakimu. Meski mereka bukan anak kandungmu, tapi menegur juga merupakan wujud cinta.

Jadi jangan takut berdebat jika itu memang bisa memperjelas masalah dan menyelesaikan masalah dengan baik.

Saya yakin anakmu pun bisa menerima dengan baik jika dia mendapatkan penjelasan. Contohnya saat dia beranjak remaja lebih suka berada di luar rumah. Kamu tidak bisa begitu saja melarangnya karena anak laki-lakimu hanya akan merasa kamu tidak menyukainya. Tapi tunjukkan bahwa kamu menegurnya karena ada beberapa alasan yang membuatnya harus belajar membagi waktu untuk beraktivitas di dalam dan luar rumah.

Selain itu, kamu sebagai ayah tiri juga harus mendukung dengan menciptakan suasana rumah yang nyaman dan menyenangkan. Sehingga anak laki2mu pun betah untuk berada di rumah.

4. Mencoba mengganti posisi orang tua kandung

Hindari hal ini. Karena kamu tidak perlu bersaing dengan orang tua kandungnya. Cukup terima status barumu sebagai ayah tirinya.

Cara agar komunikasi dengan anak laki-lakimu baik adalah dengan mendukung juga hubungannya dengan orang tua kandungnya. Justru hal ini membuat anak laki-lakimu merasa semakin dekat denganmu, tidak merasa sungkan untuk bercerita.

5. Tidak memberi waktu pasangan untuk bersama anak

Seringkali yang terjadi ayah tiri merasa cemburu jika melihat anak laki-laki tirinya bersama pasanganmu. Karena dipicu dari hubungan pasangan dengan mantan alias ayah kandung anak laki-laki. Padahal kamu tidak perlu lho merasa seperti itu.

Karena bisa saja memory mereka tentang ayahkandungnya tidak baik, jika baik mengapa mereka memilih berpisah dan kamu yang dipilih jadi ayah tirinya.

Justru kamu harusnya bisa menjadi penyembuh mereka, yaitu pasanganmu dan anak laki-laki tirimu. Buat tradisi keluarga baru yang menyenangkan. Dan tanpa harus memisahkan anak laki-laki dengan ibunya yang adalah pasanganmu. Beri mereka waktu untuk bersama, bagaimanapun juga kamu datang belakangan.

Dan demi kebaikan hubungan, maka berhentilah merasa cemburu. Ciptakanlah suasana yang nyaman, hal ini akan sangat baik bagi dirimu sendiri sebagai ayah tiri dan keluarga.

6. Berpihak saat terjadi konflik

Problems berikutnya adalah saat ayah tiri dan anak laki2 tiri bertengkar tetapi ibunya malah memihak salah satunya. Hal ini bisa dianggap bentuk pengkhianatan dan memperburuk keadaan.

Ada baiknya sebagai ibu kamu berada di tengah-tengah mereka dan bersikap netral. Meski mungkin kamu tahu siapa yang salah tapi jangan memojokkannya.

Lebih baik komunikasikan dengan keduanya, beri mereka kesempatan untuk berbicara. Dan tugasmu adalab memberi dukungan dan tawarkan rekonsiliasi serta pemecahan masalah jika diminta.

 

Itulah beberapa hal yang biasanya menjadi akar masalah hubungan antara ayah tiri dengan anak laki-laki tiri. Sebenarnya tidak semua problem berakhir buruk. Justru adanya problem akan semakin menguatkan hubungan antara step father and step son.

Namun itu semua juga tergantung dari bagaimana cara menyelesaikannya. Saya yakin dengan dasar cinta maka semuanya akan baik-baik saja. Maka dasarilah setiap hubunganmu dengan cinta.

Masalah dalam sebuah hubungan itu wajar terjadi sebagai tanda peduli dan kasih sayang yang belum sepaham. Pandanglah masalah yang datang sebagai penguji hubungan yang akan semakin dekat dan kuat.

Jauh sebelum kamu mencintai orang lain, kamu pun perlu menicntai dirimu sendiri. Karena hubunganmu dengan orang lain adalah cerminan hubunganmu dengan diri sendiri.

Berbaik hatilah pada diri sendiri, dan sebarkan cinta. Meski ada status bukan ayah kandung atau anak kandung, pada akhirnya kamu tetap bagian dari keluarganya. Jadi tinggalkan memory yang baik pada anak sehingga mereka bisa tumbuh dengan lebih baik.

Oya, seorang anak laki-laki akan tumbuh dengan baik dan pemberani jika dia memiliki hubungan yang baik juga dengan ayahnya. Tidak peduli itu ayah kandung atau ayah tiri. Yang jelas anak laki-laki membutuhkan figur seorang ayah dalam hidupnya.

 

Posting Komentar untuk "Masalah dalam Hubungan Ayah Tiri dan Anak Laki-laki"