Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Universitas Nomor 1 di Dunia Versi QS World University Rankings

Bagi Anda yang sedang mencari universitas di luar negeri pastinya penasaran kampus mana saja yang mendapatkan ranking tertinggi. Universitas nomor 1 di dunia versi QS World University Rankings 2021/2022 kali ini masih dipertahankan oleh Massachusetts Institute of Technology (MIT).

Berikut ini adalah informasi daftar ranking universitas terbaik di dunia versi QS World University Rankings dan mengenal lebih jauh tentang kampus MIT yang jadi kampus para penguasa IT di dunia.

 

Sumber Gambar : www.news.mit.edu

MIT Menjadi Universitas Nomor 1 di Dunia

Massachusetts Institute of Technology (MIT) merupakan kampus terbaik nomor satu di dunia untuk versi QS World tahun 2022. Hal ini merupakan prestasi yang ditorehkan MIT selama 10 tahun berturut-turut. Massachusetts Institute of Technology merupakan universitas riset swasta yang berlokasi di kota Cambridge tepat di seberang Sungai Charles dari distrik Bay, Boston, Amerika Serikat. Kampus para penguasa IT ini memiliki 5 kampus dan terdiri dari 32 departemen yang dikhususkan pada bidang Sains dan Teknologi.

Massachusetts Institute of Technology memiliki 5 departemen utama, yaitu The Department of Architecture, The Department of Urban Studies + Planning, The Media Laboratory, The Center for Real Estate dan The Program in Art, Culture and Technology. Massachusetts Institute of Technology juga menawarkan 44 gelar sarjana di 5 sekolah tersebut dengan berbagai kajian ilmu, seperti Teknik Sipil, Arsitektur, Perencanaan Tata Kota, Teknik Mesin, Elektro, Metalurgi, Ilmu Komputer, Biologi, Rekayasa Biologi, Komputasi dan sistem biologi, Fisika, Aeronautics, Matematika, Sistem Rekayasa, Sains dan Teknologi Nuklir, Perhitungan Desain dan Optimasi, Ilmu Otak dan Kognitif, Operasi Research Center, Antropologi, Linguistik, Ilmu kesehatan dan Teknologi, Politik, Sejarah hingga Ekonomi Bisnis.

 

Indikator Penilaian Universitas Nomor 1 di Dunia

Ranking oleh QS (Quacquarelli Symonds, organisasi di Inggris dengan spesialisasi dalam pendidikan dunia dan belajar di luar negeri), didasarkan atas komponen-komponen berikut: Reputasi akademis, reputasi manajemen universitas, jumlah kutipan dari tulisan ilmiah yang dihasilkan per dosen, perbandingan antara mahasiswa dan dosen, perbandingan antara dosen dari luar negeri dan dalam negeri, dan perbandingan antara mahasiswa luar negeri dan dalam negeri di masing-masing universitas.

Posisi MIT sebagai universitas nomor 1 di dunia sangat kuat dalam ke 5 kriteria di atas apalagi ditambah dengan posisi universitas tersebut di tempat teratas di dunia di 12 bidang studi. QS menempatkan MIT sebagai universitas terbaik di bidang-bidang berikut: Arsitektur, ilmu komputer dan sistem informasi, tehnik kimia, tehnik sipil dan struktur, ekonomi dan ekonometrik, tehnik elektro dan elektronik, bahasa, matematika, fisika dan astronomi, dan statistik dan riset operasional.

“Dari pendidikan tinggi yang kuat, dunia mendapatkan berbagai manfaat bagi kemanusiaan termasuk penemuan-penemuan mendasar hingga solusi-solusi terbaru terhadap tantangan-tantangan mendesak dalam bidang iklim dan kesehatan hingga pendidikan bagi bakat-bakat generasi masa depan,” Presiden MIT Rafael Reif mengatakan dalam tanggapannya terhadap ranking universitas terbaru oleh QS.

Berikut urutan 10 teratas menurut QS World University Rankings untuk tahun ajaran 2021-2022:

No.

Universitas

Kota, Negara

Skor

Ranking thn 2020-2021

1.

Massachusetts Institute of Technology (MIT)

Cambridge, Amerika Serikat

100

1

2.

Oxford University

Oxford, Inggris

99,5

5

3.

Stanford University

Stanford, Amerika Serikat

98,7

2

4.

Cambridge University

Cambridge, Inggris

98,7

7

5.

Harvard University

Cambridge

98

3

6.

California Institute of Technology (Caltech)

Pasadena, Amerika Serikat

97,4

4

7.

Imperial College of London

London, Inggris

97,3

8

8.

Eth Zurich – Swiss Federal Institute of Technology

Zurich, Swiss

95,4

6

9.

UCL

London, Inggris

95,4

10

10.

Chicago University

Chicago, Amerika Serikat

94,5

9

 

 

Mengenal MIT Universitas Nomor 1 di Dunia

Massachusetts Institute Of Technology ini didirikan oleh seorang ilmuwan bernama William Barton Rogers. Beliau menekankan bahwa kompetensi profesional dapat diraih melalui pengajaran dan melakukan penelitian yang menfokuskan perhatiannya pada masalah yang ada di dunia nyata. Dengan dasar tersebut, beliau akhirnya mengembangkan pengajaran laboratorium. Hingga saat ini, Massachusetts Institute Of Technology  telah dikenal sebagai salah satu lembaga pendidikan kelas dunia.

Massachusetts Institute Of Technology dibangun pada tahun 1861 untuk menjawab kemajuan teknologi serta industri yang sedang berkembang di Amerika Serikat. Massachusetts Institute of Technology mulai dibuka pada tahun 1865 dan pada 1916, MIT mulai memperluas daerahnya. Massachusetts Institute of Technology dibangun di atas areal tanah seluas 168 hektar. Selama kurun waktu 60 tahun belakangan ini, Massachusetts Institute of Technology juga mulai menambah cabang ilmu lain di luar Sains dan Teknologi, seperti Manajemen, Ekonomi, Ilmu Politik, dan Biologi.

Lewat program studi dan sistem kelas dunia, Massachusetts Institute of Technology (MIT) telah menorehkan banyak prestasi dan meluluskan banyak alumni berbakat. Tak sedikit lulusan MIT yang kini telah jadi tokoh terkenal dan unggul di bidangnya, lho, Hunters, seperti Sekretaris Umum ke-7 PBB, Kofi Annan, orang kedua yang pernah menginjakan kaki di bulan, Buzz Aldrin, dan lainnya. Selain itu, Massachusetts Institute of Technology juga pernah memenangkan nobel, 52 ilmuwan meraih National Medal of Science, 45 orang meraih Rhodes Scholars, dan 38 orang meraih MacArthur Fellows.

Jurusan Terbaik di MIT University

  1. Bioengineering and Biomedical Engineering

MIT dikenal unggul dalam ilmu rekayasa biologi. Oleh karena itu, universitas ini membuka jurusan bioengineering and biomedical engineering. Di jurusan ini, mahasiswa akan mendalami ilmu teknik berbasis biosains sehingga mahasiswa dapat memecahkan masalah dalam dunia kedokteran.

  1. Aerospace Engineering

Jurusan aerospace engineering di MIT adalah jurusan tertua dan paling disegani di Amerika Serikat. Maka dari itu, jurusan ini banyak dicari baik oleh mahasiswa lokal maupun mahasiswa internasional. Di jurusan ini, mahasiswa akan dipersiapkan untuk meniti karir di bidang industri penerbangan komersial, telekomunikasi, hingga militer.

  1. Computer Science

Terkenal sebagai jurusan terbaik di MIT, computer science juga menjadi jurusan dengan pelamar terbanyak yang terus bertambah dari tahun ke tahun. Di jurusan computer science Massachusetts Institute of Technology, mahasiswa akan diajari tentang teknologi komputer masa kini dan masa depan, sehingga lulusannya dapat bersaing di industri mana pun di seluruh dunia.

  1. Mechanical Engineering

Jurusan mechanical engineering di MIT merupakan jurusan yang meluluskan mahasiswa dengan jumlah terbanyak setiap tahunnya, setelah jurusan computer science. Jurusan ini juga banyak melakukan penelitian tentang kemajuan khususnya dalam bidang teknik mesin di dunia.

  1. Mathematics

MIT yang dikenal dengan jurusan computer science juga memiliki jurusan mathematics yang berkualitas terbaik di dunia. Di jurusan ini, mahasiswa akan mendapatkan pembelajaran secara khusus dan terfokus pada materi matematika terapan, matematika murni, dan matematika umum.

  1. Physics

Mahasiswa yang lulus dari jurusan physics di Massachusetts Institute of Technology menjadi mahasiswa berkualitas yang mampu bersaing di dunia. Hampir setengah dari jumlah mahasiswa yang lulus dari jurusan ini mengambil program double degree dengan jurusan computer science, mathematics, atau economics.

  1. Electrical and Electronics Engineering

Jurusan electrical and electronics yang juga dikenal sebagai salah satu dari jajaran jurusan favorit di Massachusetts Institute of Technology ini, mempersiapkan mahasiswa lulusannya untuk dapat bersaing dan bekerja di berbagai bidang industri di dunia.

  1. Economics

Seperti namanya, jurusan ini mengkaji ilmu ekonomi yang berfokus pada produksi, konservasi, dan alokasi sumber daya. Mahasiswa yang mengambil jurusan economics di MIT akan mengkaji teori ekonomi, ekonomi mikro dan makro, sistem ekonomi komparatif, sistem uang dan perbankan, ekonomi internasional, metode analisis kuantitatif, hingga masalah kebijakan publik.

  1. Management Science

Dalam jurusan management science, mahasiswa akan mempelajari penerapan pemodelan statistik, data warehousing, data mining, pemrograman, peramalan, dan teknik riset operasi untuk analisis masalah organisasi bisnis dan kinerja. Setelah lulus dari sini, mahasiswa akan jauh lebih siap menghadapi persaingan global dengan lebih baik.

  1. Media Studies

Jurusan ini berfokus pada analisis dan kritik terhadap institusi media dan teks media, bagaimana orang mengalami dan memahami konten media, dan peran media dalam kehidupan bahkan mengubah budaya. Dalam jurusan ini, mahasiswa akan mendapatkan materi etika komunikasi, hukum, dan kebijakan; sejarah media; estetika media, interpretasi, dan kritik; efek sosial dan budaya media massa; studi budaya; ekonomi industri media; literasi visual dan media; dan aspek psikologi dan perilaku pesan, interpretasi, dan pemanfaatan media.

 

Nah, itulah informasi terkait universitas nomor 1 di dunia yang masih ditempati oleh MIT. Jika Anda ingin menjadi mahasiswa MIT jangan berkecil hati dulu, banyak peluang dan kesempatan asalkan Anda sungguh-sungguh. Anda bisa mencari informasi seputar beasiswa yang disediakan untuk kuliah di MIT dan info pendaftarannya langsung ke official websitenya yaitu https://www.mit.edu/.

Selamat berjuang dan jangan putus asa, semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Universitas Nomor 1 di Dunia Versi QS World University Rankings"