Widget Atas Posting

10 Situs Website dan Channel Youtube Self Improvement Terbaik

Pengembangan diri sangat berguna untuk kesehatan mental kita. Di era serba digital ini, terlalu banyak informasi yang tersedia dan kita konsumsi tanpa menyaring terlebih dahulu, mana yang baik dan buruk bagi kita. Oleh karena itu, menurut saya, situs terbaik untuk rekomendasi pengembangan diri akan sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari Anda.



Untuk referensi situs, saya baru saja menemukan dua situs ini yang menurut saya sangat berguna untuk pengembangan diri. Oleh karena itu saya menambahkan referensi pengembangan diri berupa akun channel youtube yang bisa Anda tonton kapan saja. Saat ini, banyak pembuat konten yang menyiarkan pengembangan diri melalui saluran YouTube. Tentunya Anda pun harus lebih selektif untuk memilih program self development di youtube. Nah, berikut ini adalah rekomendasi dari saya untuk situs-situs yang sering saya kunjungi dan terbukti keabsahannya karena dibuat oleh konten creator yang ahli dalam bidangnya.

 

Website Terbaik untuk Pengembangan Diri

1. Andreaowen.com

Andrea Owen adalah seorang podcaster, pembicara internasional, pemimpin retret, penulis 52 Ways to Live a Kick-Ass Life, penulis How to Stop Feeling Like Sh*t, dan pemilik situs web andreaowen.com. Sebelumnya, dia menyebut situs ini yourkickasslife.com. Setelah membuat website, Andrea Owen mulai menulisnya menjadi sebuah buku dengan judul How To Stop Feeling Like Sh*t (14 Kebiasaan Yang Menghalangi Anda Meraih Kebahagiaan).

Menurut saya, setelah membaca buku dan website tersebut sangat berdampak pada diri saya yang sebelumnya selalu merasa tidak enak, merasa tidak setingkat dengan teman-teman saya, dan hal-hal negatif lainnya yang membuat saya merasa seperti sampah.

Dia mengajarkan cara berpikir benar tentang diri sendiri, cara menghilangkan kritik batin yang tidak Anda sadari selalu Anda katakan pada diri sendiri. Website ini sangat cocok untuk anda yang merasa seperti saya, merasa tidak berharga dan tidak berguna. Anda akan menemukan diri Anda layak dicintai sebagaimana mestinya, alih-alih mendapatkan pujian diri yang negatif.

Dari sini saya mengerti bahwa musuh terbesar kita adalah diri kita sendiri. Sebelumnya saya tidak mengerti mengapa diri kita bisa menjadi musuh tetapi ternyata hal itu terjadi secara tidak sadar melalui kebiasaan kita.

2. Skillsyouneed.com

Didirikan pada Juli 2011, SkillsYouNeed adalah layanan web baru dan berkembang yang berbasis di Wales, bagian pedesaan Inggris. SkillsYouNeed memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam bidang pendidikan, baik tatap muka atau melalui pembelajaran jarak jauh. Website ini dapat mengetahui keterampilan yang dibutuhkan pengguna untuk membantu meningkatkan kehidupan masyarakat, baik secara profesional maupun pribadi.

Konten dari situs web ini tidak hanya digunakan oleh perorangan tetapi juga oleh sekolah, perguruan tinggi, universitas dan organisasi komersial di seluruh dunia. SkillsYouNeed adalah bagian dari UK Web Archive, yang diarsipkan secara resmi oleh National Library of Wales. Situs web ini juga memberikan informasi dan sumber daya berkualitas tinggi yang dapat membantu Anda mempelajari dan mengembangkan keterampilan yang Anda butuhkan untuk memaksimalkan kehidupan sehari-hari.

 

Channel Youtube Terbaik Tentang Pengembangan Diri

1. Analisa Channel

Analysis Channel adalah channel youtube seorang psikolog asal Indonesia bernama Analisa Widyaningrum. Kegemarannya di bidang psikologi membuatnya menjadi seorang profesional dengan gelar master yang dia peroleh dari UGM melalui beasiswa Djarum Foundation. Dia juga membuka praktik konsultasi APDC di Jogjakarta, Indonesia.

Akun YouTube-nya banyak berbicara tentang self improvement, tentunya mulai dari cara menjaga kesehatan mental, kecemasan berlebihan, dan masih banyak lagi. Selain ada di YouTube, Analisa juga membuat podcast yang bisa kamu dengarkan di Spotify kapan saja dan di mana saja. Jika Anda ingin mengunjungi saluran, Anda bisa pergi ke sini.

2. Lavendaire

Aileen Xu adalah seorang pembuat konten, pengusaha dan sering menyebut dirinya sebagai seniman kehidupan. Saat ini, ia aktif membuat konten di Youtube dan juga menyelenggarakan podcast sendiri dengan tema pengembangan diri.

Saluran YouTube Lavendaire menghadirkan konten yang praktis, inspiratif, dan bijaksana untuk membantu Anda menjadi versi terbaik dari diri Anda. Aileen mencoba memberikan semangat dan hal positif kepada para pengikutnya di media sosial.

Beberapa playlist video di channel YouTube-nya antara lain Cara Tetap Positif, Peduli Diri, Mengatasi Rasa Takut, Memberdayakan, Mencintai Diri Sendiri, Lembar Kerja dan masih banyak lagi.

3. Menjadi Manusia

Menjadi Manusa adalah platform sosial dari Indonesia untuk orang-orang yang ingin berbagi dan mendengar cerita tentang kehidupan dari berbagai sudut pandang. Saat ini, Menjadi Manusia telah menghadirkan berbagai kontennya ke berbagai media sosial, salah satunya YouTube.

Channel yang memiliki kurang lebih 789 ribu subscriber ini dikenal selalu memberikan tayangan-tayangan inspiratif, sehingga cocok untuk orang-orang yang merasa sendiri dan mengalami kesulitan dalam hidup.

4. Ted Talks

Akun Youtube resmi dari Ted Talks ini umumnya membahas banyak hal, tidak hanya tentang self improvement. Namun yang membuatnya menarik adalah pidato para tokoh terkemuka, mulai dari tokoh politik hingga selebriti dari seluruh dunia.

Seringkali Ted Talks ini membawa tema-tema yang berkaitan dengan pengembangan diri. Contohnya adalah tentang pemulihan dari depresi, perhatian, dan masalah yang berkaitan dengan kesehatan mental.

5. Aida Azlin

Wanita muslimah asal Singapura ini dikenal sebagai penulis, pengusaha, dan juga Youtuber yang aktif menginspirasi wanita di seluruh dunia melalui kontennya. Aida saat ini tinggal di Maroko bersama suaminya.

Konten Aida diketahui sering membahas pengembangan diri yang dipadukan dengan nilai-nilai Islam. Ia juga sering bercerita tentang teman-teman yang menginspirasi, namun dengan cara yang ringan dan berhubungan dengan kehidupan kita sehari-hari.

Tak hanya itu, Aida juga diketahui memiliki program podcast #theaidaazlinshow di Spotify yang mendatangkan banyak tamu inspiratif.

6. Muniba Mazari

Muniba Mazari adalah seorang motivator dunia dari Pakistan. Saya pikir dia unik, istimewa dan tak tergantikan. Dia dijuluki The Iron Lady of Pakistan. Berawal dari kecelakaan yang menimpanya di usia muda, ia harus menghabiskan hidupnya di kursi roda. Namun hal itu tidak membuatnya putus asa, bahkan banyak prestasi yang ia ciptakan.

Saya mengenal pidato Muniba Mazari pada tahun 2017 ketika dia pertama kali berbicara di sebuah acara dunia di Malaysia. Kini ia juga menjadi bagian dari UN Women yang aktif dalam kegiatan sosial dunia. Dia juga pendiri food drive untuk anak jalanan di Pakistan.

7. Pick Up Limes

Saluran YouTube ini dibuat oleh Sadia Badei, seorang ahli gizi Kanada. Di channel YouTube-nya, Sadia sering membuat konten berdasarkan pengalamannya dalam mengatur waktu, menjaga kebiasaan, menjalani hidup minimalis dan masih banyak lagi.

Sadia juga sering berbagi tips tentang makanan sehat. Ini juga menyediakan panduan yang dapat dicetak yang dapat Anda cetak setelah melihat video. Sehingga bisa langsung dipraktekkan oleh penontonnya.

8. Satupersen

Satupersen adalah komunitas yang berfokus pada bidang konsultasi pengembangan diri. Pendirinya, Evan, memiliki tujuan untuk menjadikan satu persen platform pengembangan diri digital nomor satu di Indonesia.

Mengapa disebut Satupersen? Karena menurut Evan, ia berharap satu persen dari mereka yang mendengarkan materi bisa mendapatkan dampak positif minimal 1% setiap hari. Berawal dari jiwa yang sehat akan menarik hal-hal positif lainnya, seperti kesuksesan karir, kesuksesan dalam pergaulan, dan pengembangan keterampilan diri.

 

Nah, itulah beberapa situs, baik website maupun channel youtube yang saya rekomendasikan sebagai situs terbaik untuk referensi pengembangan diri. Hidup hanya sekali, jadi berbuat baik bukan hanya untuk orang lain tapi juga untuk diri sendiri.

Posting Komentar untuk "10 Situs Website dan Channel Youtube Self Improvement Terbaik"