Widget Atas Posting

6 Tahapan Menuju Sukses dalam Hidup

Definisi kesuksesan setiap orang tidak lah sama. Namun bagaimana tahapan menuju sukses itu berpola meski tujuan suksesnya berbeda.

Ibarat Anda melakukan perjalanan ke suatu tempat, agar berhasil menuju tempat itu pastinya Anda perlu mengumpulkan informasi terlebih dulu. Nah, saya ingin berbagi cerita mengenai pola menuju kesuksesan itu sendiri.

Sebelumnya saya ingin bertanya dulu tentang makna sukses menurut Anda. Anda sukses ketika... silahkan Anda isi titik-titik itu sendiri untuk membantu Anda mendefinisikan kesuksesan menurut versi Anda sendiri.


Selanjutnya mari kita bahas bagaimana tahapan menuju sukses yang benar itu.

 

6 Tahapan Menuju Sukses

Kesuksesan dalam hidup itu bisa jadi berkaitan dengan mendapatkan barang atau merasakan hal tertentu. Contoh sukses karena mendapatkan barang, seperti rumah, mobil, berlian, dll. Berbeda dengan sukses karena merasakan sesuatu, seperti mendapatkan ketenangan batin, kebahagiaan, dan perasaan lainnya yg berkaitan dengan rohani dan ukurannya tidak bisa dilihat karena hanya bisa dirasakan oleh diri kita sendiri.

Berikut ini saya tuliskan 6 tahapan menuju sukses yang perlu Anda ketahui.

1.       Definisikan Sukses Anda

Seperti yang sudah saya singgung diawal bahwa setiap orang memiliki arti sukses yang berbeda. Dan saya ingatkan pada Anda bahwa jangan sekali-kali Anda berpedoman pada makna sukses berdasarkan penilaian orang lain. Karena itu sukses menurut mereka, bukan diri Anda sendiri. Jangan hidup dalam impian orang lain. Ciptakan mimpi Anda sendiri dan raih lah.

2.       Kenali Nilai-nilai Penting dalam Hidup Anda

Poin ini memang tidak mudah, tapi bukan berarti tidak bisa Anda temukan. Anda bisa memulainya dengan membuat list pencapaian Anda selama ini, termasuk hal-hal yang Anda sukai dan tidak. Dari list itu Anda akan mengetahui dengan segera apa nilai-nilai kehidupan Anda.

Nilai-nilai kehidupan apakah bisa berubah? Tentu saja. Nilai-nilai kehidupan bisa diperoleh dari apa yang kita pelajari, yang kita lihat, kita baca, bisa juga dari pengalaman hidup orang lain. Namun nilai-nilai kehidupan juga bisa diperoleh dari pengalaman hidup. Itulah yang menyebabkannya berubah sehingga nilai kehidupan itu dinamis.

3.       Kenali Potensi dan Bakat Anda

Setelah Anda memperoleh nilai-nilai kehidupan. Tahapan menuju sukses selanjutnya adalah Anda juga harus mengenali potensi apa yang ada dalam diri Anda. Bisa Anda cek melalui pencapai-pencapaian Anda selama ini, atau kegiatan sehari-hari yang sering dilakukan.

Potensi diri seringkali ditemukan dari keseharian yang tidak disadari. Karena mungkin Anda menganggapnya biasa saja atau hal kecil. Namun Anda perlu tahu bahwa Anda tidak bosan melakukannya meski itu dilakukan setiap hari.

Nah, sudah ketemu belum kira-kira apa ya potensi Anda?

4.       Mencari Mentor

Langkah keempat tahapan menuju sukses setelah Anda mengenal potensi Anda adalah mencari lingkungan yang sesuai dengan potensi Anda tersebut. Dari lingkungan tersebut Anda bisa bertemu orang yang terbaik dalam bidang itu dan bisa menjadi mentor Anda dengan baik juga.

Kenapa mentor diperlukan? Karena berpotensi bukan artinya sudah pintar. Kita masih perlu banyak belajar ilmu dan berproses. Potensi itu sama dengan bakat yang jika tak diasah maka menjadi tumpul dan tidak berguna. Maka asahlah potensi Anda denganberguru pada mentor yang tepat.

5.       Ubah Perilaku Hidup

Jika Anda sudah membaca 7 Habit Anda akan paham kebiasaan apa saja yang bisa membawa diri Anda pada kesuksesan. Anda bisa mulai mengubah tahapan menuju sukses dimulai dari rutinitas sehari-hari Anda.

Mengubah perilaku atau kebiasaan ini disesuaikan juga dengan tujuan sukses yang Anda inginkan. Ditahap ini Anda akan belajar membuat goal setting dan planning yang tepat agar bisa mencapai sukses Anda dengan lebih cepat dan sesuai harapan.

Ubahlah perilaku Anda yang menjauhkan diri Anda dari kegagalan,seperti suka begadang,suka bangun siang, suka mengeluh, suka gratisan, dll.

Dengan mengubah perilaku maka secara tidak langsung mindset Anda pun akan ikut berubah. Ketika Anda mengubah kebiasaan Anda yang dulunya suka gratisan, maka sekarang Anda lebih suka menraktir teman-teman Anda. Sehingga mindset Anda pun otomatis berubah, Anda tidak lagi takut miskin tetapi Anda yakin bahwa rezeki Anda akan terus berdatangan. Iya, suka gratisan itu buat yang punya mental miskin karena merasa tidak mampu bayar.

6.       Evaluasi Langkah Anda dan Berikan Self Reward

Untuk mencapai titik tujuan sukses Anda, jangan lupa untuk mengukur kemajuan di setiap titik pencapaian Anda. Jangan abaikan keberhasilan sekecil apapun, karena itu merupakan tahapan menuju sukses.

Oleh karena itu, setiap pencapaian meski itu terbilang kecil, Anda perlu memgapresiasinya dengan self reward. Tidak perlu perayaan mewah, cukup sederhana saja diluar kebiasaan Anda sehari-hari. Anda bisa merayakannya dengan makan siang di luar beli pizza atau sekedar ke swalayan. Anda bisa bermain game untuk merayakan keberhasilan Anda mencapai titik tertentu.

 

Itulah 6 tahapan menuju sukses dalam hidup yang berpola secara terus-menerus. Karena namanya pun pola, artinya Anda pun perlu melakukannya berulang kali hingga mencapai kesuksesan besar yang Anda tetapkan.

Jika Anda belum berhasil, bukan berarti Anda perlu mengulangnya dari awal. Anda tidak perlu merestart atau reset hidup Anda. Anda hanya perlu mengevaluasi dimana kesalahannya dan memperbaikinya.

Tidak ada yang sia-sia. Setiap perjalanan Anda itu berharga bahkan saat Anda menemui kegagalan. Kegagalan adalah guru terbaik untuk kesuksesan Anda.

Jangan pula hiraukan kesuksesan menurut standar orang lain. Karena cukup lah dirimu sendiri. Jadilah pemeran utama dalam hidup Anda sendiri.

Kunci tahapan menuju sukses adalah melatih diri sendiri menjadi lebih positif, baik pikiran, perasaan dan motivasi yang dimiliki. Berhentilah menyalahkan keadaan dan orang lain. Karena sejatinya apa yang Anda alami adalah takdir yang diizinkan. Terima diri apa adanya dan kembangkan potensi Anda sebaik mungkin.

Kesuksesan tidak bisa Anda capai dalam waktu singkat. Jadi jangan pernah tergoda melakukan hal-hal yang instan untuk menuju kesuksesan, karena itu semua fana. Berproseslah dan biarkan hidup menempa diri Anda.

Jadikanlah titik sukses Anda bukan hanya untuk diri Anda sendiri, tetapi juga untuk kebermanfaatan sesama. Maka InsyaAllah kesuksesan akan lebih mudah Anda raih.

Keenam tahapan menuju sukses itu pernah saya lakukan juga saat menargetkan diri masuk ke universitas favorit di Indonesia. Anda yang mengikuti artikel-artikel saya pasti ingat saya pernah cerita jurus NLP yang sayabterapkan juga untuk masuk kuliah.

Kenapa kita perlu membenahi diri sendiri agar positif, karena kita perlu membayangkan kesuksesan yang ingin kita raih senyata-nyatanya. Kita tidak ingin kondisi saat kita sukses ada hal yang membuat kita tidak nyaman. Oleh karena itu, kita perlu mensetting diri kita dulu untuk membuatnya siap menerima kondisi kesuksesan impian kita.

Jadi awali kesuksesan Anda dengan hal-hal yang baik. Ubah dan hindari kebiasaan negatif yang ada diotak Anda. Mulailah dengan berpikir positif, membangun dan membiasakan berperasaan positif, dan selalu memiliki semangat yang positif untuk menjalani hari-hari dengan tahapan menuju sukses di atas.

 

 

Posting Komentar untuk "6 Tahapan Menuju Sukses dalam Hidup"