Widget Atas Posting

The Power of Bangun Pagi

Membangun kebiasaan bangun pagi setiap harinya memang bukan hal yang mudah dilakukan. Terlebih bagi Anda yang terbiasa tidur larut malam, begadang mengerjakan sesuatu, atau memang insomnia. Namun tidak mudah dilakukan bukan berarti tidak bisa dilakukan.

Mungkin selama ini kita masih berat untuk bangun pagi karena beberapa alasan, seperti yang saya sampaikan di atas, kita terbiasa mengerjakan sesuatu hingga larut malam sehingga susah untuk bisa bangun pagi. Alasan lain kita belum mengetahui apa manfaat yang paling berpengaruh bagi hidup kita kalau bangun pagi.

Yang ada jika bangun pagi nanti jam 9nan sudah berasa ngantuk lagi padahal harus bekerja. Ini juga yang sering saya alami sehingga menunda-nunda untuk bisa bangun pagi, mau sholat subuh saja mepet-mepet mau waktu terbit.

Hal itu sangat lah manusiawi tetapi ternyata kebiasaan tersebut tidak bagus untuk Kesehatan jika dilakukan dalam jangka waktu panjang.

Tahukah Anda bahwa bangun lebih pagi, setidaknya diwaktu-waktu sepertiga malam antara jam 3 – 5 pagi membuat hidup kita berubah. Bagi umat Islam pastinya tahu donk kalau waktu-waktu tersebut adalah waktu yang paling cepat terkabulnya doa-doa kita. Saat kita bangun untuk sholat tahajud adalah waktu yang intens bagi kita untuk berkomunikasi dengan Allah dalam keheningan malam.



Saya ingin berbagi cerita keajaiban bangun pagi ini karena saya sedang berniat menjalankan riyadhoh. Selama ini saya lebih sering hanya menjalankan sholat subuh saja di pagi hari, tetapi saya berlatih untuk bisa bangun sebelum jam 4 untuk bisa sholat tahajud dan sholat sunnah qobliyah subuh. Selain saya sedang memiliki hajat, saya pun lebih ingin dekat sama Allah karena saya merasa hidup ini sulit sekali untuk dijalani jika jauh dari Allah. Mau ini dan itu rasanya berat untuk mewujudkannya. Mungkin persoalan hidup itu akan selalu ada tetapi ketika saya mendekatkan diri sama Allah maka hati saya pun merasa lebih tenang dalam menghadapinya.

 

Manfaat Bangun Pagi

Sebenarnya manfaat bangun pagi ini sangat banyak sekali. Dan bukan hanya menjadi kepentingan umat Islam untuk menjalankan ibadah sholat subuh. Sudah banyak penelitian yang dilakukan di luar negeri juga yang menyatakan bahwa bangun pagi itu memberikan dampak yang luar biasa bagi diri kita.

Apa saja sih manfaat dari bangun pagi itu?

1.       Badan Sehat

Sangat jelas bahwa bangun pagi itu sangat menyehatkan tubuh kita. Apalagi kalau kita menyempatkan diri bangun pagi hari dan keluar sebentar untuk menghirup udaranya, udara yang sejuk belum tercemar oleh asap-asap kendaraan bermotor dan aktivitas lainnya yang membuat polusi udara. Dokter juga lebih menyarankan untuk bisa bangun pagi agar badan sehat dan bugar.

2.       Mengurangi Stress

Selain bermanfaat bagi Kesehatan tubuh kita, bangun pagi juga menjaga Kesehatan mental kita lho! Karena pikiran di pagi hari lebih rileks dan bisa mengurangi stress. Berbeda kan jika kita bangun kesiangan dan terburu-buru berangkat ke kantor. Semuanya serba buru-buru bahkan mungkin untuk sarapan pun sering terlewat. Dengan bangun lebih pagi maka kita lebih merasa tenang.

3.       Siap Menghadapi Hari

Manfaat selanjutnya tentu saat Anda bisa bangun lebih pagi maka Anda lebih banyak waktu untuk menyiapkan diri untuk menghadapi hari. Lalu bagaimana jika banyak pekerjaan yang harus diselesaikan dan terpaksa tidur larut malam? Hal ini hanyalah persoalan manajemen waktu. Coba atur kembali waktu Anda untuk bisa menyelesaikan pekerjaan. Anda bisa coba untuk menata skala prioritas mana yang harus dikerjakan dulu. Misalnya besok pagi ada presentasi dengan klien nih, malam sebelumnya Anda musti menyiapkan bahan-bahannya, belum lagi tugas untuk klien lain yang masih pending. Nah, Anda bisa mengaturnya dengan skala prioritas berdasarkan beban kerja dan waktu. Anda bisa mulai mengerjakan pekerjaan mana yang membutuhkan ekstra time dan menyusunnya pekerjaan mana yang akan Anda serahkan lebih dulu. Sisanya bisa Anda selesaikan setelah bangun tidur sambil mereview kembali apa yang mesti Anda persiapkan hari itu.

Mengubah kebiasaan itu memang tidak mudah tetapi setelah Anda berhasil melakukannya maka Anda akan merasakan perbedaan yang lebih baik pada hidup Anda.

 

Cara Sukses Bangun Pagi

Setelah mengetahui manfaat apa saja dibalik kebiasaan bangun pagi hari, terutama sebelum subuh, lalu bagaimana cara untuk membiasakan diri agar bisa bangun lebih pagi?

Beberapa hari yang lalu saya sempat menyimak video dari DN Resutari tentang manfaat bangun pagi antara jam 3 – 5. Karena saya sedang menjalankan riyadhoh jadi saya mencari tips bagaimana agar bisa konsisten bangun pagi untuk sholat tahajud.

Berikut ini tips sukses bangun pagi :

1.       Wudhu sebelum tidur

Coba biasakan wudhu sebelum beranjak ke kamar tidur. Selain berdoa sebelum tidur, wudhu juga cukup mujarab untuk bisa bangun lebih pagi.

Sesaat sebelum tidur Anda bisa coba berkomunikasi dengan Allah dengan bahasa Anda sendiri agar dibangunkan jam 3 untuk bisa sholat tahajud. Cara ini sudah sering saya lakukan sejak SMP hingga kini. Sampai hari ini pun jika saya berniat untuk bangun pagi dan minta sama Allah, selarut apapun tidur saya malam itu, alhamdulillah Allah bangunkan tepat pada waktunya. Bahkan seringkali lebih cepat dari alarm yang dipasang. Misalnya alarm saya pasang jam 3.30, terkadang saya terbangun jam 3 pagi.

2.       Pasang alarm

Memasang alarm ini adalah upaya lain agar tetap bisa bangun sesuai jam yang diinginkan. Karena tidak jarang juga saya merasa malas untuk bangun pagi walapun sudah terbangun. Dan ketika alarm berbunyi, rasa untuk menekan tombol tunda itu sangatlah menggoda agar tidak bangun dari tempat tidur. Kalau sudah begitu saya ingat kembali bagaimana hidup bisa berubah jika tak ada perubahan yang dilakukan, bagaimana Allah bisa mengabulkan keinginanmu jika tak meminta dan meluangkan waktu untuk mendekatkan diri. Iya, inilah waktunya. Dan saya pun paksakan diri untuk tetap bangun.

3.       Minum air putih sebelum tidur

Minum air putih sebelum tidur ini untuk mensugesti agar ditengah-tengah tidur kita merasa ingin buang air kecil dan terpaksa bangun. Cukup efektif kan.

4.       Sediakan air putih di samping tempat tidur

Jika Anda mau bisa sedia air putih di meja samping tempat tidur agar saat Anda terbangun atau alarm berbunyi Anda bisa langsung meminum air putih tersebut dan rasa ngantuk akan hilang.

 

Nah, itulah beberapa cara sukses bangun pagi. Saya sendiri percaya bahwa bangun lebih pagi maka kesuksesan pun akan lebih dekat dengan kita. Karena pengalaman bangun kesiangan itu selalu tidak enak, terburu-buru menyiapkan segala sesuatu dan tidak siap secara maksimal saat bekerja.

Buat Anda yang sedang berusaha bangun lebih pagi, bisa coba saran di atas dari DN Resutari dimana beberapa tipsnya juga sudah saya praktekkan sendiri. Jika ingin sukses maka ubahlah kebiasaan Anda mulai dari pagi hari.

Posting Komentar untuk "The Power of Bangun Pagi"