Widget Atas Posting

Membangun Harga Diri Pada Anak Perempuan

Karakteristik anak perempuan tentunya akan berbeda dengan anak laki-laki. Hal ini pernah saya bahas juga dalam artikel sebelumnya. Meski sama-sama perempuan pun bisa jadi berbeda, misalnya ada orang yang jika dimarahi lebih mudah sakit hati tapi ada juga yang cuek.

Sebagai orangtua atau wali dari anak perempuan harus peka terhadap tumbuh kembang anak, terutama dalam hal kepribadian. Karena pembentukan kepribadian meskipun naluriah tetapi juga tidak bisa lepas dari pola asuh orangtuanya.

Terkait dengan harga diri pada anak perempuan pun hal ini sangat penting sekali lho untuk ditanamkan sejak dini. Tujuannya agar anak bisa lebih peduli dan menghargai dirinya sendiri.

Banyaknya kasus kekerasan seksual dibawah umur juga bisa jadi dipicu oleh kurangnya perasaan anak terkait harga dirinya. Karena tidak sedikit anak yang memilih diam dan mengalami siksaan tersebut selama bertahun-tahun, bahkan kejahatan itu dilakukan oleh bapak kandungnya sendiri atau orang terdekat lainnya.

Nah, mari kita bahas bersama bagaimana cara membangun harga diri pada anak perempuan kita.

 


Cara Membangun Harga Diri Pada Anak Perempuan

  1. Mencarikan Kegiatan Baru

Sebagai orangtua atau wali dari anak perempuan, Anda bisa mencoba mencarikan beberapa pilihan kegiatan baru bagi anak perempuan kesayangan Anda. Anda bisa mencarikan kegiatan yang masih berkaitan dengan kegemaran anak atau mencarikan kegiatan yang benar-benar bagi anak.

Misalnya memilihkan anak belajar melukis karena Anda tahu bahwa selama ini anak Anda gemar dengan seni musik. Masih dengan bidang yang sama tetapi Anda bisa membantunya mencarikan suasana baru.

Tujuan mencarikan kegiatan baru ini bagi anak adalah memberi kesempatan bagi mereka untuk bisa melakukan berbagai hal yang positif dan mengasah bakat mereka. Namun dalam beberapa kasus ada juga anak yang tidak suka dengan hal-hal baru. Anda bisa memberikan pengertian diawal dan tidak memaksakan kehendak anak untuk melakukan suatu hal.

  1. Mengijinkan anak mengerjakan hobinya

Sebenarnya diusia-usia dini, seperti usia 5-12 tahun anak tidak seketika menemukan hobinya sendiri. Hobi yang mereka tekuni merupakan rangkaian kegiatan yang biasa dia lakukan. Oleh karena itu, penting memberikan berbagai pandangan pada anak mengenai kegiatan yang bisa menjadi hobi, seperti olahraga, musik, melukis, menulis, dll.

Usahakan Anda tidak mendikte anak Anda dengan mengatakan hal-hal yang Anda sukai saja, seperti mengatakan bahwa berambut panjang itu lebih bagus daripada rambut pendek. Saya jamin hingga dia dewasa pun akan meyakini itu dan tidak akan berani mencoba berambut pendek karena sugesti awal dari Anda sebagai orangtua atau walinya saat kecil.

Jadi berikan opsi bagi mereka, biarkan mereka mencobanya selama itu bukan hal yang negative dan berbahaya. Toh mereka akan memilih mana yang menurut mereka nyaman dan sesuai bagi kepribadiannya.

  1. Menjadi teladan yang baik bagi anak

Ada kata-kata bijak yang mengatakan bahwa seorang anak bukanlah orang yang pandai mendengarkan orangtuanya tetapi anak tidak pernah gagal untuk menjadi peniru terbaik dari orangtuanya.

Jadi janganlah sekedar memberikan nasihat secara lisan tetapi bagaimana sikap dan tindakan Anda pun perlu menjadi teladan bagi mereka. Hal ini agar sinkron antara ucapan dan tindakan sehingga anak pun bisa mencontoh hal yang lebih baik dari orangtuanya.

  1. Memberi contoh yang baik pada anak

Jika Anda tidak ingin anak mengikuti jejak Anda selama ini, seperti sifat Anda yang keras kepala atau kebiasaan buruk Anda karena bangun siang maka mulailah berubah dan diniatkan untuk menjadi contoh yang baik bagi anak.

Bagaimana Anda bisa mengharapkan anak Anda lebih baik daripada Anda ketika Anda tidak bisa memberinya contoh.

  1. Katakan bahwa penampilan itu tidak penting

Anak perempuan Anda wajib tahu bahwa penampilan itu tidak penting. Karena yang terpenting adalah apa yang dalam hati. Penampilan yang cantik dan gaun yang bagus hanyalah pakaian yang mudah ditanggalkan. Namun jika hati tak akan pernah ada yang bisa menanggalkannya, kecuali dirinya sendiri.

Saya pun berharap dulu ada yang mengatakan hal ini pada saya saat masih remaja sehingga saya tidak akan terlalu minder dan tidak percaya diri hanya karena tidak bisa memakai baju bagus atau perhiasan.

 

Pentingnya Harga Diri Pada Anak Perempuan

  1. Anak diharapkan bisa memberikan batasan sejauhmana orang boleh menyentuh dirinya secara fisik

Kalau sudah paham mana batasan-batasannya, maka anak perempuan Anda tidak akan begitu mudah dilecehkan dan disentuh oleh laki-laki atau perempuan yang berusaha mencalakainya. Kasus pelecehan seksual dibawah umur pun bisa diminimalisir jika anak paham bahwa mereka berhak melindungi diri mereka.

Banyaknya kasus tersebut sebenarnya lebih karena dipicu perasaan dari anak perempuan yang merasa pantas mendapatkan perlakuan negative tersebut. Jadi mereka perlu dibentengi dengan batasan-batasan apa saja yang bisa mereka terapkan bagi diri sendiri.

  1. Anak bisa menghargai apa yang menjadi miliknya

Anak tidak begitu saja menyerahkan harta paling berharga dari diri mereka. Hal ini juga membantu menumbuhkan harga diri anak perempuan.

  1. Anak bisa menjaga dirinya dan tidak mudah dikooptasi orang lain

Anak bisa memilih sendiri apa yang ingin dia lakukan. Banyaknya pendapat dari orang lain seringkali membuat bingung anak ketika mereka menjadi suka menyenangkan semua orang. Sebenarnya dalam lubuk hati mereka tidak senang melakukannya, tetapi hanya karena takut oleh pendapat negative orang lain atas dirinya maka anak terpaksa melakukannya agar tidak dibenci.

  1. Anak tidak perlu berusaha menyenangkan banyak orang

Seperti yang disinggung di atas bahwa campur tangan orang lain bisa membuat anak tidak bisa memberi keputusan untuk dirinya sendiri. Selalu yang menjadi landasan adalah kebahagiaan orang lain. Sebenarnya hal ini baik ketika anak secara sadar dan ikhlas dalam melakukannya, bukan karena takut tidak disukai.

  1. Anak tidak minder dengan perempuan lain yang terlihat lebih cantik karena penampilan itu tidak penting

Nah, ini seperti yang saya katakan di atas bahwa mengatakan penampilan itu bukan yang terpenting bisa menghindarkan anak perempuan Anda dari perasaan minder dan tidak percaya diri.

 

Itulah beberapa masukan pentingnya membangun harga diri anak perempuan dan bagaimana caranya. Pergaulan anak memang selalu berbeda disetiap eranya, Anda pun tidak perlu memberikan peraturan yang ketat bagi anak dalam bergaul seperti halnya tradisi ketika Anda kecil dulu.

Berikan kebebasan yang bertanggung jawab pada anak-anak Anda, baik itu perempuan maupun laki-laki. Hal itu akan membantu mereka dalam menemukan dirinya sendiri dan bagaimana membangun rasa percaya diri serta harga diri.

Membangun harga diri pada anak perempuan ini menjadi penting dalam masa tumbuh kembang anak. Karena bagaimana mereka bisa menghargai dirinya sendiri dimulai pada saat mereka masih dalam pola asuh Anda.

Posting Komentar untuk "Membangun Harga Diri Pada Anak Perempuan"