Widget Atas Posting

Thomas Alva Edison Adalah Seorang Tokoh Penemu yang Dikenal Dunia

 

Siapa yang tak mengenal Thomas Alva Edison? Thomas Alva Edison adalah seorang tokoh penemu bohlam lampu pijar yang dikenal oleh dunia. Namun ternyata tidak hanya bohlam lampu yang menjadi temuannya, banyak benda lain yang dia temukan sehingga memiliki lebih dari 1000 hak paten.

 

Masa Kecil Thomas Alva Edison Adalah Seorang Tokoh Penemu

Thomas Alva Edison lahir di Milan, Ohio, Amerika Serikat, pada 11 Februari 1847. Dari pasangan suami-istri kelas menengah Samuel dan Nancy Edison, lahirlah seorang putra bungsu dari tujuh bersaudara. Keluarganya kemudian pindah ke Port Huron, Michigan, AS, dimana di sanalah Edison tumbuh dan dibesarkan sejak tahun 1854. Sementara itu,

Samuel memiliki profesi sebagai seorang spekulator tanah dan pengrajin papan nama. Sementara itu, Nancy merupakan seorang ibu rumah tangga, sekaligus sosok yang berperan besar dalam pendidikan anak-anaknya, termasuk Edison sendiri yang hanya mengenyam pendidikan formal untuk jangka waktu yang sebentar.

Gangguan pendengaran parsial yang telah diidap sejak lahir tidak membuat semangatnya merosot, bahkan sejak muda Edison yang tertarik pada Kimia ini telah giat belajar dan melakukan berbagai eksperimen di laboratorium yang ia bangun sendiri di rumah. Selain itu, yang mungkin masih nggak begitu banyak diketahui oleh orang, Thomas Alva Edison juga memiliki ketertarikan terhadap dunia bisnis.

Edison tidak pernah menyelesaikan pendidikan resmi di sekolah. Ia hanya sempat bersekolah selama tiga bulan dan Edison diajarkan oleh ibunya di rumah.

Walaupun tidak mengikuti pendidikan formal tetapi Edison memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi. Dikutip dari Buku Siswa/MI  Kelas VI Tema 3 Tokoh dan Penemuan (2018) oleh Angi St. Anggari, dkk Edison dapat membuat telegraf sederhana pada umur 11 tahun.

Saat menginjak usia 12 tahun, Thomas Alva Edison sudah aktif menjadi seorang penjual permen sekaligus direkrut sebagai pengantar koran oleh Grand Trunk Railroad, yang mana ia menjual koran kepada para penumpang kereta yang menghubungkan jalur Detroit ke Port Huron. Seiring dengan berjalannya waktu, jiwa berbisnis Edison pun mulai tergelitik. Ia merekrut seorang pekerja lain seusianya untuk menjual hasil tani sayur dan buah yang berasal dari Detroit. Selain itu, Edison juga memulai usaha penerbitan sendiri dan kembali menjual koran produksinya di kereta yang sama. Koran yang ia terbitkan yaitu Weekly Herald dan laris terjual.

 

Sumber Gambar : www.minews.id

Thomas Alva Edison Adalah Seorang Tokoh Penemu Terhebat di Amerika Serikat

Edison mempelajari teknologi telegrafi yang baru muncul, dan bekerja sebagai telegrafer. Edison melihat dunia butuh penerangan.

Lalu, ia menghabiskan waktu selama dua tahun serta dana yang cukup besar untuk mengembangkan penemuannya. Ia telah mengembangkan masalah pendengaran serius yang dikaitkan dengan berbagai macam hal.

Namun, Edison berada pada posisi yang kurang menguntungkan ia mulai bekerja untuk menciptakan perangkat yang akan membantu membuat segalanya menjadi mungkin baginya.

Pada awal 1869, ia berhenti sebagai telegrafi untuk mengejar penemuannya. Tahun 1870 hingga 1875, Edison bekerja di Newark, New Jersey. Akibat berbagai penemuannya yang mampu mengubah kehidupan orang banyak—yang dihasilkan dari laboratorium ini—Edison kemudian mendapat julukan sebagai “Wizard of Menlo Park”. Laboratorium tersebut dia bangun dengan bantuan ayahnya dan terletak di sekitar 12 mil selatan Newark. Pada saat itu, laboratorium Edison ini termasuk sebagai laboratorium privat terbesar, sekaligus menjadi standar baru untuk laboratorium penelitian bagi penelitian korporat.

Ia mengembangkan produk terkait telegraf untuk Western Union Telegraph Company .

Lalu, ibu Edison meninggal pada tahun 1871, dan pada tahun yang sama ia menikahi Mary Stillwell.

Pada tahun 1877, Edison berhasil menemukan transmitter telepon yang terbuat dari bahan dasar karbon. Hal tersebut merupakan pengembangan dari mikrofon telepon sebelumnya. Kemudian sekitar satu tahun setelahnya, Edison berhasil mendapatkan hak paten untuk fonograf hasil penemuannya. Fonograf ini mampu untuk merekam dan memutar ulang suara.Pada tahun yang sama, karyanya telegraf dan telepon membuatnya menemukan fonograf.

Pada tahun 1878 itu pula, Edison tertarik untuk mengembangkan metode listrik yang dapat menjadi pengganti lilin, gas api, serta kerosen. Alhasil, pada 21 Oktober 1879, Edison yang turut dibantu oleh timnya, berhasil menemukan bohlam lampu elektrik yang dapat bertahan selama lebih dari 40 jam. Edison kemudian mengembangkan bisnis distribusi daya listrik di New York dan menjual bohlam lampu hasil produksinya menggunakan listrik ini. Tentu aja, bisnisnya ini laris manis di pasaran, Sob. Nah, seiring dengan berjalannya waktu, mulai bermunculan inovasi-inovasi baru bagi bohlam lampu milik Edison ini, termasuk bohlam lampu yang rata-rata dapat bertahan selama 1200 jam. Sekarang ini, salah satu hasil pemutakhirannya ini bisa dilihat di rumah lo sendiri, dengan rata-rata ketahanan hidup bohlam lampu yang mencapai 1500 jam.

Dengan bantuan pendukung keuangan J.P. Morgan dan keluarga Vanderbilt, Edison mendirikan Edison Electric Light Company dan memulai penelitian dan pengembangan.

Ia membuat terobosan pada Oktober 1879 dengan bohlam yang menggunakan filamen platinum. Ia juga membuat lampu pijar listrik pertama yang dapat menyala selama 40 jam.

Tahun 1880, ia menggunakan bambu berkarbonisasi sebagai alternatif yang layak untuk filamen, yang terbukti dapat menjadi kunci bohlam yang tahan lama dan terjangkau. Tahun 1881, ia mendirikan sebuah perusahaan lampu listrik di Newark, dan tahun berikutnya memindahkan keluarganya.

Meskipun sistem pencahayaan pijar awal Edison memiliki masalah. Namun, karyanya dapat digunakan dalam acara-acara terkenal seperti Paris Lighting Exhibition pada tahun 1881 dan Crystal Palace di London pada tahun 1882.

 
Thomas Alva Edison Adalah Seorang Tokoh Penemu 1000 Hak Paten

Edison wafat pada 18 Oktober 1931 di West Orange, New Jersey, AS. Dia wafat akibat komplikasi dari penyakit diabetes yang dideritanya.

Namun karya-karyanya mampu mengubah dunia hingga saat ini. Edison juga memiliki hak paten 1093 penemuan-penemuan semasa hidupnya. Apa saja? Berikut ini adalah beberapa penemuannya yang dikenal oleh dunia selain lampu pijar.

1.  Universal Stock Printer (1871); alat untuk transmisi data saham secara langsung dari lahan pertukaran kepada para broker dan investor.

2.  Telegraf Quadruplex (1874); jenis telegraf yang dapat mentransmisi empat sinyal terpisah  (dengan dua sinyal pada setiap arah) hingga diterima oleh satu kabel pada saat yang bersamaan.

3.  Transmitter Telepon (1877); yang menjadi landasan bagi peningkatan mikrofon bagi telepon-telepon yang ada sekarang.

4.  Fonograf (1877); alat untuk merekam dan mereproduksi suara.

5.  Bohlam Lampu (1879); alat penerangan manusia yang lebih praktis daripada menggunakan lilin atau api.

6.  Kinetograf (1891); alat pelopor berupa kamera gambar bergerak.

7.  Eksperimen dengan X-ray (1896); alat yang menunjang praktik rontgen para dokter.

8.  Baterai Alkaline (1900); pelopor baterai yang lebih efisien dan ringan.

 

Itulah perjalanan hidup Thomas Alva Edison adalah seorang tokoh penemu di dunia yang berkat temuannya menjadikan hidup kita lebih mudah saat ini.

Posting Komentar untuk "Thomas Alva Edison Adalah Seorang Tokoh Penemu yang Dikenal Dunia"