Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Sejarah Umar Bin Khattab Dari Lahir Sampai Wafat

Pada artikel kali ini saya ingin membagikan kisah sahabat Nabi, yaitu dari khalifah Umar bin Khattab. Sejarah Umar bin Khattab dari lahir sampai wafat berikut ini penuh keteladanan yang berguna bagi kehidupan kita.

Umar bin Khattab merupakah khalifah kedua setelah Abu Bakar As-Sidiq. Umar bin Khattab juga mendapatkan gelar Al-Faruq yang artinya bisa memisahkan antara kebenaran dan kebatilan. Bagaimana kisahnya, mari kita simak berikut ini:

 


Sejarah Umar bin Khattab dari Lahir Sampai Wafat : Sebelum Umar bin Khattab Memeluk Islam

Umar bin al-Khattab lahir di Mekkah dari Bani Adi yang masih satu rumpun dari suku Quraisy dengan nama lengkap Umar bin al-Khattab bin abdul Uzza. Keluarga Umar tergolong keluarga kelas menengah, ia bisa membaca dan menulis yang pada masa itu merupakan sesuatu yang sangat jarang terjadi.

Umar bin khatab dikenal memiliki fisik yang kuat, sehingga ia amat disegani dan ditakuti pada masa itu. Beliau memiliki watak yang keras hingga dijuluki sebagai “Singa Padang Pasir”. Sebelum memeluk agama Islam beliau di kenal sebagai orang yang gemar meminum-minuman keras, namun setelah menjadi muslim beliau tidak lagi menyentuh alkohol sama sekali.

Ketika Nabi Muhammad menyebarkan Islam di Mekkah, Umar menanggapinya dengan amat antipati. Pada puncak kebenciannya, Umar mencoba membunuh Nabi. Namun dalam perjalanannya, Umar bertemu dengan salah seorang pengikut Nabi yang bernama Nu’aim bin Abdullah dan memberikan kabar bahwa saudara perempuan Umar telah memeluk Islam. Mengetahui hal tersebut, Umar merasa marah dan kembali ke rumahnya dengan maksud untuk menghukum adiknya. Sesampainya di rumah, Umar menjumpai saudarinya yang sedang membaca Al-Quran Surat Thoha ayat 1-8, Umar menjadi semakin marah dan ingin memukul saudarinya.

Umar kemudian meminta agar ia melihat bacaan saudarinya tersebut. Beliau merasa sangat takjub melihat isi Al-Quran dan merasa terenyuh ketika adiknya kembali membaca Al-Quran. Setelah itu, Umar menyatakan untuk memeluk agama Islam. Keputusan tersebut membuat seluruh masyarakat Mekkah terkejut dan merasa heran, karena seorang yang terkenal memiliki watang yang keras dan pernah membenci Nabi Muhammad SAW  bisa tersentuh hatinya melalui lantunan ayat suci Al-Qur’an.

Pada tahun 622 Masehi, Umar ikut bersama Nabi Muhammad SAW untuk berhijrah ke Yastrib Madinah. Umar juga terlibat dalam beberapa peperangan, seperti perang Badar, perang Uhud, perang Khaybar. Pada saat hijrah ke Madinah, Umar dikenal sebagai orang yang selalu membela Nabi Muhammad SAW dan ajaran Islam. Bahkan beliau tanpa ragu menentang kawan-kawan lamanya yang dulu bersama-sama ikut menyiksa para pengikut Nabi Muhammad SAW.

 

Sejarah Umar bin Khattab dari Lahir Sampai Wafat : Masa Kekhalifahan

Pada masa kekhalifahan Abu Bakar Ash-Shiddiq, Umar bin Khatab menjadi salah satu penasehatnya. Setelah Abu Bakar meninggal pada tahun 634, Umar bin khatab di tunjuk untuk menggantikan Abu Bakar sebagai khalifah ke-2 dalam sejarah Islam.

Selama dibawah pemerintahan Umar bin Khatab, kekuasaan Islam tumbuh dengan sangat pesat. Islam disebarkan ke Mesopotamia dan Persia, Mesir, Palestina, Syria, Afrika Utara dan Armenia. Saat melakukan proses Islamisasi, ada dua negara yang terkenalamat kuat yaitu Persia dan Romawi, namun keduanya berhasil di taklukkan oleh ke Khalifahan Umar bin Khatab.

Pada masa kekhalifahan Umar bin Khatab banyak dilakukan perubahan secara administratif terhdap daerah yang baru di taklukkan. Umar memerintahkan agar diselenggarakan sensus diseluruh wilayah kekuasaan Islam. Pada tahun 638 Masehi, kekhalifahan Umar memperluas dan merenovasi Masjidil Haram (Mekkah) dan Masjid Nabawi  (Madinah).

Umar bin Khatab dikenal sebagai orang yang hidup dengan kesederhanaan. Beliau tidak mengikuti gaya hidup yang glamour layaknya para penguasa di zaman itu. Sekitar tahun ke-17 H yang merupakan tahun ke-4 ke khalifahannya, Umar mengeluarkan keputusan bahwa penanggalan Islam hendaknya mulai dihitung saat peristiwa Hijriah.

 

Sejarah Umar bin Khattab dari Lahir Sampai Wafat : Wafatnya Umar bin Khatab

Umar bin Khatab wafat karena dibunuh oleh Abu Lukluk (Fairuz) seorang budak yang, Umar  wafat saat akan memimpin shalat subuh. Diketahui Abu Lukluk adalah orang yang Persia di mana Persia saat itu berhasil di taklukkan oleh Umar, jadi terdapat dendam tersendiri dalam Abu Lukluk. Fairuz merasa sakit hati atas kekalahan Persia yang pada masa itu merupakan negara Adidaya. Umar bin Khatab Wafat pada hari Rabu, 644 Masehi. Setelah wafat, jabatan Khalifah dipegang oleh Ustman bin Affan.

 

3 Fakta Umar Bin Khattab Yang Bikin Anda Merasa Takjub

1. Penduduk Surga yang berjalan di Muka Bumi

Rasul memuliakan kedudukan Umar. Dalam sebuah riwayat Said bin al-Musayyib bahwa Abu Hurairah berkata, ketika kamu sedang berada di sisi Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda:

“Sewaktu tidur, aku bermimpi seolah-olah aku berada di Surga. Kemudian aku melihat seorang wanita berwudhu di samping sebuah istana, maka aku bertanya, ‘Milik siapa istana ini?’ Mereka menjawab, ‘Milik umar’. Maka aku teringat akan kecemburuan Umar sehingga aku menjauhi istana itu”. Umar menangis dan berkata, “Demi Allah mana mungkin aku akan cemburu kepadamu wahai Rasulullah”. (HR. Bukhari).

 

2. Umar bin Khattab Membuat Islam Semakin Tangguh                     

Saat masih menjadi pemimpin kaum kafir, Umar bin Khattab memang sudah terkenal di kalangan Umat Muslim sebagai musuh yang patut diperhitungkan. Mengingat Ia-lah yang menjadi pemimpin terdepan untuk menyakiti umat muslim.

Hidayah Allah untuk meluluhkan hati Umar yang begitu keras amat mudah untuk diluluhkan. Penggalan surat Thaha membuat hati Umar luluh lantah dan segera memeluk Islam. Ini juga berkat doa Rasulullah SAW kepada Allah atas Amirul Mukminin.

Islam semakin kuat setelah Umar masuk agama Allah ini. Ia terkenal cakap dalam mengatur strategi perang, kekuasaan islam meluas dengan cepat.

 

3. Manusia yang Ditakuti Setan

Ia menjadi manusia yang amat ditakuti oleh setan. Dalam salah satu riwayat dari ‘Aisyah r.a bahwa Rasulullah pernah bersabda, ”Sesungguhnya setan lari ketakutan jika bertemu Umar”

Rasulullah bersabda yang berbunyi:

“Wahai Ibnul Khattab, demi dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, tidaklah setan bertemu dengannmu di suatu jalan melainkan ia akan mengambil jalan yang lain dari jalanmu.” (HR. Bukhari, no.3480)

 

Dari sejarah Umar bin Khattab dari lahir sampai wafat tersebut banyak sekali hikmah yang bisa kita dapatkan. Selain yang disebutkan di atas berupa tiga fakta Umar bin Khattab, ada hikmah lain yang saya dapatkan dari sejarah kehidupannya, yaitu bagaimana Umar bin Khattab yang dahulunya sangat menentang Nabi Muhammad SAW, bahkan berniat untuk membunuh nabi, tetapi hidayah Allah SWT datang padanya sehingga dia pun kemudian memutuskan memeluk Islam.

Nah, tidak selalu yang buruk akan berakhir buruk pula. Selalu ada kesempatan bagi kita untuk berubah, dan kita tidak tahu masa depan yang menanti kita. Harapan hidup yang lebih selalu ada, itulah salah satu pembelajaran dari sejarah Umar bin Khattab.


Referensi :

http://rizqiawan12.blogspot.com/2017/11/sejarah-umar-bin-khattab-dari-lahir.html


Posting Komentar untuk "Sejarah Umar Bin Khattab Dari Lahir Sampai Wafat"