Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Ketahui Beberapa Perbedaan Machine Learning dan Deep Learning

Halo rekan fatih inspira, pernahkah anda memakai sebuah teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) untuk memprediksi apakah hujan pada esok hari akan terjadi ?. Kemudian dapatkah anda melakukan klasifikasi tingkat cuaca yang terjadi pada hari ini termasuk golongan cuaca yang sedang atau cuaca dengan tingkat intensitas tinggi.

Untuk melakukan hal tersebut sangatlah diperlukan berbagai macam metode tersebut. Salah satunya menggunakan metode Machine Learning, Model Machine Learning sebenarnya sudah dipakai pada era manusia zaman dahulu namun dengan pendekatan yang berbeda tentunya. Selain machine learning, juga dikenal yang namanya Deep Learning, sebuah model artificial intelligence baru yang mungkin bisa dimanfaatkan para pendidik, peneliti dan seluruh elemen baik industri maupun dunia pendidikan.

Jadi sebenarnya apa sih Machine Learning dan Deep Learning itu. Jika dikutip dari beberapa paper di jurnal-jurnal internasional, dari buku-buku pembelajaran bahkan monograf. Bisa dikatakan Machine learning itu adalah Mesin yang bisa Belajar atas kejadian-kejadian yang sudah mereka dapatkan. Nah atas hasil pembelajaran itu, mereka melakukan model sendiri yang dapat dibutuhkan oleh semua orang.

Sedangkan Deep Learning itu sebenarnya apa? Jika dilihat dari beberapa paper yang dibuat oleh para peneliti, Deep Learning itu sebenarnya adalah Model AI yang bisa menirukan proses kerja dari otak manusia. Teknologi tersebut sangatlah efektif pada saat melakukan pengolahan data mentah dalam jumlah yang sangat besar atau bisa disebut dengan Big Data. Selain itu, teknologi ini juga bisa menciptakan pola bagi pengambilan keputusan.

sumber: NVIDIA


Nah, sekarang adalah bagaiaman perbedaan keduanya antara Machine Learning dengan Deep Learning,

Mari disimak dibawah ini ya teman-teman Fatih Inspira.

Meskipun ada banyak perbedaan antara kedua subset kecerdasan buatan ini, berikut adalah lima yang paling penting:

1. Intervensi Manusia

Machine Learning membutuhkan intervensi manusia yang lebih berkelanjutan untuk mendapatkan hasil. Pembelajaran lebih dan dan lebih kompleks untuk diatur tetapi tetap membutuhkan intervensi minimal setelahnya.

2. Perangkat Keras

Program machine Learning cenderung kurang kompleks dari pada algoritma Deep Learning dan sering kali dapat berjalan di komputer konvensional, tetapi sistem Deep Learning membutuhkan perangkat keras dan sumber daya yang jauh lebih kuat. Permintaan kebutuhan daya perangkat ini telah mendorong peningkatan penggunaan unit pemrosesan grafis atau disebut dengan Graphical Processing Unit (GPU). GPU berguna untuk memori bandwidth tinggi dan kemampuan untuk menyembunyikan latensi (penundaan) dalam transfer memori karena paralelisme (kemampuan banyak operasi untuk berjalan secara efisien pada saat yang sama.)

3. Waktu

 Sistem Machine Learning dapat diatur dan dioperasikan secara cepat tetapi mungkin terbatas dalam kekuatan output yang didapatkan. Sistem Deep Learning membutuhkan lebih banyak waktu untuk disiapkan tetapi dapat menghasilkan hasil secara instan (meskipun kualitasnya cenderung meningkat seiring waktu karena lebih banyak data tersedia).

4. Pendekatan atau Approach

Machine Learning cenderung membutuhkan data terstruktur dan menggunakan algoritme tradisional seperti regresi linier. Deep Learning menggunakan jaringan saraf (Neural Network) yang dibangun untuk mengakomodasi volume data yang besar dan tidak terstruktur.

5. Aplikasi

Machine Learning sudah digunakan di kotak masuk email, bank, kantor-kantor umum, rumah sakit dan lainnya. Teknologi Deep Learning memungkinkan program yang lebih kompleks dan otonom, seperti mobil self-driving atau robot yang melakukan operasi lanjutan.

Demikian lah perbedaan mendasar antara model Machine Learning dan Deep Learning ya Rekan-rekan Fatih. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua, khususnya bagi rekan-rekan yang sedang belajar tentang Artificial Intelligence.

Posting Komentar untuk "Ketahui Beberapa Perbedaan Machine Learning dan Deep Learning "